Tips Belanja Online yang Aman

Tak bisa dipungkiri, belanja online kini lebih diminati masyarakat terutama masyarakat menengah ke atas. Masyarakat yang memiliki alat, seperti komputer, gadget yang bisa mengakses tempat belanja secara online. Demikian pula mereka yang berada di daerah dengan koneksi internet bagus. Kondisi ini umumnya hanya ada pada masyarakat kelas menengah ke atas, dan berada di daerah dengan koneksi internet lancar.

Dengan belanja online, waktu lebih efisien. Bisa dibayangkan, kita bisa belanja saat berada di kantor, saat berada di angkutan umum, dan bahkan saat masih berada di atas closet, tanpa harus membuang waktu ke tempat belanja. Dengan belanja online otomatis juga mengefisienkan keuangan. Kenapa tidak, ongkos perjalanan, ongkos beli bensin saat kejebak macet, bisa dialihkan untuk kebutuhan lain. (baca: wanita dan berbelanja)

Namun, dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Di dunia maya, antara pembeli dan penjual tidak melakukan interaksi secara nyata. Yang mewakili penjual dan pembeli di dunia maya adalah simbol, simbol yang mewakili identitas, dan wajah. Dengan kondisi ini, otomatis penipuan akan lebih mudah dilakukan di dunia online dibanding dengan dunia nyata.

Kalau di dunia nyata saja yang interaksinya jelas, masih banyak orang tertipu, apalagi di dunia maya. Olehnya itu, diperlukan tips belanja online yang aman. Aman dari penipuan, aman dari transaksi tidak sah yang tentu saja tidak merugikan salah satu pihak.

Pertama: Sebelum memahami tips belanja online yang aman, maka terlebih dahulu sebaiknya Anda memahami perbedaan tempat melakukan belanja online di mana? Tempat belanja online secara garis besar ada tiga. Website jual beli, web forum jual beli, dan belanja online melalui web media sosial seperti facebook dan twitter.

Jika melakukan belanja online di website jua beli, maka pahami dahulu website tersebut. Sebuah web yang memiliki kredibilitas tinggi, maka tingkat keamanan belanja online juga lebih bagus. Salah satu cara mengetahui web jual beli yang baik adalah, copy link web tersebut dan cek di who.is, semakin lama masa expired alamat domain yang digunakan, maka akakan semakin bagus. Misalnya, domain xxx.com masa expired tahun 2022, sulit web tersebut berpikir 1000 kali untuk melakukan penipuan, karena resiko kerugian besar jika domainya dibekukan. Ini juga berlaku di web forum jual beli. Usahaan tidak belanja di web gratisan.

Khusus untuk forum jual beli, perhatikan rules/ aturan forum, semakin ketat aturan di forum itu, semakin sulit, maka akan semakin bagus. Misalnya forum ads.id yang mewajibkan membernya melakukan verifikasi tanda pengenal valid, dan aturan member 15 postingan sebelum posting jual beli. Sehingga para member yang berjualan di forum itu akan berpikir seribu kali, untuk melakukan penipuan, karena bakal dikeluarkan dari forum yang susah baginya untuk masuk terdaftar dan berjualan di sana.

Kedua, Kenali dengan baik siapa penjual itu. Ini terutama jika belanja online dilakukan di media social. Media social dengan kelemahan validasi identitas, media social yang gratis, memudahkan penipu membuat akun palsu yang dipakai untuk menipu. Kenali dengan baik dengan melihat lama keanggotaan, semakin lama semakin bagus. Perhatikan konten yang diposting, terutama poto-potonya, dan jadikan bahan, dan data untuk mengetahui indentitasnya.

Jangan segan meminta foto copy KTP, SIM dan tanda pengenal lainnya, lalu cocokan dengan akun, dan rekening tempat pembayaran barang yang dibeli. Seorang penipu, biasanya kesulitan memiliki nomor rekening bank beragam dengan identitas yang sama. Artinya semakin banyak nomor rekening dengan identitas sama dengan tanda pengenalnya, maka akan semakin bagus.

Untuk mengenal penjual lebih jauh, usahakan lakukan chating, baik via SMS, BBM, atau pesan facebook. Nanti dalam chating tersebut, Anda bisa menanyakan beberapa hal terkait orang tersebut. Misalnya tinggal di mana, punya berapa anak, dan lain-lain. Semakin lama berkomunikasi, tentu makin banyak data pembanding bisa digunakan mencocokan dengan identitas copy tanda pengenalnya tadi.

belanja online

Ketiga, mulailah belanja dengan nominal kecil. Ini bertujuan mengantisipasi hal buruk jika tertipu. Sedikit demi sedikit, Anda juga bisa mengenal beberapa penjual online yang bisa dijjadikan langganan saat belanja barang yang sama berikutnya. Seorang penipu yang sudah memiliki niat buruk juga akan berpikir seribu kali menipu dengan jumlah transaksi nominal kecil.

Keempat, lakukan pembayaran dengan cara terbaik. Pembayaran belanja online yang terbaik adalah dengan menggunakan jasa pihak ketiga (escrow). Ini sangat direkomendasikan terutama belanja online dengan nominal transaksi jumlah besar. Kalau toh, web tidak menyediakan jasa pihak ketiga, lakukan pembayaran via paypal. Pembayaran paypal membolehkan pembeli melakukan disput, sehingga jika ada apa-apa, Anda bisa meminta refund dengan bantuan security paypal.

Kelima, sinkronisasi kondisi kualitas barang dengan harga jual. Jangan cepat tergoda dengan harga murah dan tampilan barang wah. Terkadang barang di dunia maya memperlihatkan tampilan luar baisa dengan harga murah, sehingga menyilaukan pembeli, dan tanpa pikir panjang langsung melakukan transaksi.

Pahamilah, penjual pasti ingin untung, keuntungan material atau keuntungan butuh dana cepat. Keuntungan material, pastinya akan menyesuaikan harga dengan kualitas barang. Penjual yang butuh dana cepat dapat kita deteksi melalui hasil chating, tanya-tanya dengan pembeli saat berkomunikasi dengannya.

Wokeh, itulah tips belanja online yang aman ala saya. Saya juga sering sekali belanja online, dan alhamdulillah, tidak pernah tertipu, semoga saja senantiasa demikian adanya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.