Sebab dan Cara Mengatasi Gelisah

Cara Mengatasi Gelisah. Dalam ilmu psikologi, secara umum sebab gelisah dibagi menjadi, pertama kecemasan objektif, yaitu cemas yang berasal dari pengalaman perasaan dikarenakan prasangka dan perkiraan akan bahaya dari luar dirinya. Kedua, kecemasan neorotis, biasa juga disebut kecemasa syaraf. Timbul karena pengamatan tentang bahaya yang berasal dari naluriah manusia.

Intinya, sebab gelisah dirasakan biasanya karena orang merasa akan menghadapi sesuatu dan tidak seperti yang diharapkan. Misalnya gelisah khawatir tidak menikah, khawatir tidak mendapatkan pekerjaan, dan kekhawatiran lainnya. Gelisah juga muncul saat seakan ada hal buruk yang bakal terjadi dari sesuatu di luar diri. Ini biasanya muncul karena sugesti psikologis berasal dari pengalaman.

Gelisah yang sudah disebutkan, adalah bentuk dan sebab gelisah pada umumnya. Ada pula gelisah tanpa sebab. Tak ada angin tak ada hujan, tiba suasana hati berubah. Penulis percaya, perubahan mendadak itu adalah tanda yang diberikan yang Maha Kuasa sebagai petunjuk bagi orang beriman. Kegelisahan itu menjadi firasat akan sesuatu yang bakal terjadi terkait dirinya. (baca: pondasi penting dalam hubungan)

Untuk kegelisahan tanpa sebab, maka cara mengatasinya adalah menyadari bahwa keadaan saat gelisah itu datang adalah bukti awal jika diri yang gelisah itu sedang jauh dari Allah. Yang bersangkutan banyak lalainya, beragam maksiat yang sudah dilakukannya. Karena sumber utama kegelisahan adalah buruknya hubungan dengan Allah atau sedang jauh dari Allah. Dengan demikian, perbanyak zikir, tenangkan diri, jauhi maksiat, maka dengan sendirinya gelisah tanpa sebab itu akan pergi.

Adapun cara mengatasi gelisah yang terjadi disebabkan faktor kecemasan, berikut tipsnya: pertama, posisikan tubuh senyaman mungkin, relaks, bisa dengan duduk, berbaring, telentang atau tengkurap, intinya posisi yang paling nyaman. Buang pikiran yang menguras tenaga; tentang pekerjaan, atau masalah lain. Lakukan dengan menutup mata.

Kedua, mengatasi gelisah dengan olah nafas. Nafas sangat terkait dengan kegelisahan. Saat gelisah, nafas terkadang tak teratur dan lebih cepat dari biasanya. Olehnya itu, atur nafas baik-baik. Tarik dalam-dalam lalu keluarkan pelan-pelan. Lakukan olah nafas ini berulang, sampai rasa gelisah berangsung sirna. Bisa juga dilakukan bersamaan dengan cara mengatasi gelisah yang pertama.

Ketiga, membaca ayat-ayat suci. Ayat tertentu jika dibaca berulang dengan penuh keyakinan dapat menghilangkan rasa gelisah berlebihan. Beberapa ayat yang diyakini dapat menghilangkan rasa gelisah yaitu surah at-Taubah ayat 51, surah Ali Imran ayat 160, surah al Anfal ayat 9 sampai 10. Ayat tersebut diyakini dapat menghilangkan rasa gelisah dan takut yang berlebihan meski hanya didengarkan saja.

cara mengatasi gelisah

Demikian sekelumit tentang sebab gelisah dan cara mengatasinya. Cara mengatasi gelisah bisa dipadu sekaligus secara bersamaan dari cara pertama, kedua dan ketiga. Selamat mencoba dan semoga kegelisahan menjauh dari kita semua. (baca juga: tips menghadapi stres)

Tinggalkan Balasan