Perbandingan Facebook dan Twitter; Anda Pilih Mana?

Dua situs jejaring sosial yang paling popular di Indonesia adalah Facebook dan Twitter. Kedua situs ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan tentu jika dilihat dari satu sisi. Karena terkadang satu sisi menjadi kelemahan Facebook, tapi dari sisi lain justru menjadi kelebihannya. Demikian pula sebaliknya.

Mengisi kemalasan menulis sehabis menonton Barcelona vs Malaysia, saya akan mengulas sedikit perbandingan Facebook dan Twitter. Perbandingan Facebook dan Twitter, akan dijabarkan berdasarkan kebutuhan dan tujuan penggunaan kedua situs ini. Yang terpenting, keduanya tentu akan diulas berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Sisi Rank Global

Perbandingan Facebook dan Twitter dari sisi ini saya anggap penting, karena terkait efektifitas postingan pengguna baik facebook atau Twitter. Semakin baik rank sebuah situs, maka postingan dari situs tersebut akan semakin mudah ditemukan. Tentunya hal ini akan sangat bisa dimanfaatkan terutama jika menggunakan situs jejaring sosial sebagai media bisnis.

Pagerank Facebook adalah 9, dan Twitter adalah 10. Alexa Rank Global facebook 1 sedangkan twitter menempati peringkat 5, 6, atau 7. (Cek pagerank di sini). Melihat kondisi ini, maka dari sisi rank global, tergantung mesin pencari apa yang digunakan. Jika menggunakan Google, maka Twitter adalah pemenangnya, karena perhitunagan pagerank adalah perhitungan Google. Jika menilai dari bounce dan perbandingan situs satu dan situs lain, maka Facebook pemenangnya. Maka untuk hal ini (Rank global) saya menilai imbang.

Sisi Fast Loading (kecepatas akses)

Kecepatan loading menjadi pertimbangan utama pengguna, semakin cepat akses sebuah laman, maka potensi pengunjung untuk betah semakin baik. Hal ini terutama, jika Facebook dan Twitter diakses melalui mobile.

Untuk mengukur fast loading sebagai perbandingan Facebook dan Twitter, saya memakai ini dan hasilnya; facebook memiliki kecepatan 61/ 100 dengan kecepatan maksimal 100 untuk desktop, sedangkan untuk mobile dianggap error. Twitter memiliki kecepatan 100/ 100 untuk mobile, sedangkan untuk desktop 90/ 100. Maka untuk sisi fast loading, pemenangnya adalah twitter.

Sisi Fitur

Untuk fitur umum facebook, yaitu posting, upload foto, halaman dan group, serta chating. Sedangkan Twitter, kecuali halaman dan chating. Hal lain yang sangat membedakan. Pada Facebook, kita bisa mengetahui siapa yang online, sedangkan Twitter tidak. Dan masih banyak fitur lain yang menunjukkan Facebook lebih unggul. Artinya, dari sisi fitur pemenangnya adalah facebook.

Sisi Tampilan

Sisi tampilan yang saya maksud, adalah tampilan yang bisa menarik perhatian. Facebook dengan fitur yang lebih dibanding twitter akhirnya juga menjadikan tampilan Facebook lebih dibanding Twitter. Tak heran jika remaja lebih memilih Facebook daripada Twitter. Hal lain, banyak addons yang bisa ditambahkan dalam browser yang bisa mempercantik tampilan Facebook, dan tidak bagi Twitter. Akhirnya untuk tampilan, pemenangnya adalah Facebook.

Sisi Efektifitas Interaksi

Perbandingan Facebook dan Twitter sisi interaksi, penilaian berdasarkan efektifitas. Facebook dengan tampilan cantik dan wah, akhirnya menjadi lirikan para remaja. Ditambah lagi tag perintah dalam form posting “apa yang anda pikirkan, akhirnya membuat facebook kurang efektif dalam interaksi.

Beda dengan Twitter, tampilan simple dengan tag perintah “apa yang terjadi” membuat kesan Twitter lebih serius. Tak heran jika orang terkenal, tokoh, artis, politisi lebih memilih Twitter sebagai media jejaring sosial. Akhirnya saya memutuskan dari sisi interaksi, Twitter adalah pemenangnya.

Sisi Efektifitas Bisnis

Sisi ini, keduanya memiliki kelebihan. Tapi ada satu kekurangan sehingga Facebook kurang diminati oleh advertiser, yaitu iklan yang tidak bisa muncul dalam versi mobile. Beda dengan Twitter, iklan bisa juga muncul versi desktop dan mobile, karena bentuk iklannya seperti tweet pada umumnya. Bukti lain, menjadi advertiser di Twitter lebih mahal dibanding Facebook, namun tetap diminati perusahaan besar nasional dan internasional. Maka untuk efektifitas bisnis, pemenangnya adalah Twitter.

Dari enam sisi perbandingan Facebook dan Twitter di atas, tentunya semua kembali kepada Anda sebagai pengguna. Tujuan di jejaring sosial untuk apa. Anda yang menggunakan dan anda yang merasakan. 3-1 untuk Barcelona (gk nyambung. Red) 🙂