Pengertian URL dan Pengertian Link

Jika anda mendengar kata URL dan link, maka kita seakan mengingat hal yang sama. Substansinya memang sama, namun ada sedikit perbedaan. Apa perbedaan antara URL dan link?, maka terlebih dahulu kita akan melihat pengertian URL dan pengertian Link.

URL adalah singkatan Uniform Resource Locator, yaitu rangkaian karakter (seperti huruf, angka, maupun simbol) berdasarkan format standar yang telah ditetapkan, yang digunakan untuk menunjukkan alamat sumber yang ada seperti file dan dokumen pada Internet.

Tahun 1991, oleh Tim Berners-Lee, membuat sesuatu dengan tujuan memudahkan pengguna/ user “www” atau World Wide Web buatannya ke pranala yang dituju. Hal itu kemudian dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Dalam bahasan sederhananya, URL diibaratkan alamat. Misalnya alamat rumah, BTN Mattirotappareng Nomor 1 Sengkang. Nah, di dunia maya, alamat itu dikemas dengan symbol, huruf atau angka sebagai alamat sumber. Contoh URL https://www.mushlihin.com jika alamat protokolnya http. jika alamat protokolnya https.

Sedangkan penegertian link menurut ilmu Komputer biasa juga disebut dengan juga hyperlink), yaitu sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

Sederhananya seperti ini, link adalah tulisan atau gambar yang apabila di klik akan menuju halaman tertentu sesuai dengan yang di tentukan oleh pembuat link. Link adalah sekelumit kalimat atau kata yang apabila diklik mengarahkan pada alamat yang dituju oleh pembuat link. Alamat yang dituju dalam sebuah link dalam dunia internet adalah URL. Contoh “klik di sini” kata klik di sini adalah kata yang berisi link, dan link tersebut adalah URL.

Dengan demikian jika ada pertanyaan apa perbedaan URL dan link, maka berdasarkan pengertian URL dan pengertian link secara singkat tadi, diketahui; URL adalah alamat mempermudah mengakses www ke pranala yang dituju, sedangkan link adalah jalan yang berisi alamat URL. Kata yang menunjukan URL hanya bisa diganti berdasarkan berdasarkan ketentuan computing, sedangkan link yang berisi URL bisa dikemas sesuka hati. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan