Mirip Handphone, Meteran Listrik Juga Punya Kode Rahasia. Ini Kode Rahasia Meteran Listrik

Perbedaan mendasar dengan listrik pasca bayar tentunya adalah sistem pembayaran KWH-nya. Kalau sistem pasca bayar, pake dulu baru bayar. Cara ini lalu diganti. Bukan tanpa alasan, banyak pelanggan lambat membayar setelah pemakaian. Akhirnya terkadang PLN salah memperhitungkan pada bulan bayar. Sedangkan sistim pra-bayar, beli dulu pulsa (KWH)-nya, baru bisa dipakai. Penggunaannya mirip pulsa pada handphone. Pulsa dibeli lalu dimasukan ke meteran listrik.

Listrik pra-bayar meski sudah resmi digunakan beberapa tahun lalu, tapi masih banyak hal yang belum diketahui para pengguna sistem token tersebut. Sejak mulai menggunakan pulsa pra-bayar 2013 lalu, saya sendiri hanya tahu, beli token dan masukan. Habis beli lagi, masukan. Sempat sih mencoba menghitung sistim penggunaan token. Beli 100 ribu dapat 60 ribu. Aneh memang, tapi itulah hal yang penting diketahui pengguna listrik pra bayar. (Baca juga: saat PLN menolak pemberian Rokok dariku)

Seperti halnya menggunakan hanphone, tekan *112# untuk panggilan darurat. *sekian sekian, untuk mengetahui ini dan itu. Ternyata pada meteran listrik pra-bayar juga terdapat kode rahasia yang penting diketahui pengguna. Tulisan ini diharapkan membantu pengguna listrik pra-bayar untuk mengetahui kode rahasia meteran listrik pra-bayar. Berikut listnya:

Kode yang Diinput/ DitekanKegunaan, Fungsi, Tujuan
0 ENTERRestart Meter (Jika ada gagal/periksa). Misalnya, salah pencet, salah memasukan token dan ingin mengulang, nah tekan 0 enter saja.
3 ENTERUntuk mengetahui Total KWH Listrik yang telah lalu. Misalnya, Anda ingin mengetahui berapa total penggunaan listrik selama ini? Sudah habis berapa kwh? Maka tekan 03 enter
7 ENTERUntuk mengetahui batas KWH
9 ENTERUntuk mengetahui daya yang digunakan
69 ENTERUntuk mengetahui counter jumlah berapa kali mati, mengetahui sudah berapa kali listrik padam
59 ENTERUntuk mengetahui Jumlah KWH pengisian terakhir
54 ENTERUntuk mengetahui kode token terakhir
47 ENTERUntuk mengetahui daya yang sedang dipakai. Atau ingin mengetahui daya yang digunakan saat ini
44 ENTERUntuk mengetahui Ampere yang sedang terpakai. Berapa arus listrik yang mengalir
41 ENTERUntuk mengetahui voltase listrik. Berapa volt tegangannya
90 ENTERUntuk mematikan Lampu LED
123xx ENTERUntuk merubah delay Alarm, Misal 12310 untuk 10 menit
78 ENTERUntuk mengetahui delay alarm dalam menit
456xx ENTERUntuk merubah batas minimal alarm, misalnya 45605 untuk 5KWH
79 ENTERUntuk cek batas minimal alarm
75 ENTERUntuk Cek ID Meter PLN Prabayar

Nah, mudah saja bukan? Tak perlu tanya kiri kanan sampai hubungi pihak PLN segala. Kode rahasia PLN tersebut dapat Anda gunakan sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan harap bagikan ke yang lain …. (baca juga: Listrik padam penambah semangat)

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend