Menunggu Hasil Ujian Nasional SMP Sederajat 2013

Sesuai jadwal, pengumuman hasil Ujian Nasional SMP sederajat 2013, tinggal menunggu beberapa hari lagi. Ada rasa gelisah, resah dan khawatir yang berbeda ketika menunggu pelaksanaan Ujian Nasional. Perbedaan itu tentunya dikarenakan akhir dari prosesnya saja. Hasil Ujian Nasional SMP sederajat 2013 berdampak pada masa depan siswa, sedangkan pelaksanaan lebih pada masa depan guru.

Jika mau jujur, semua guru mengharapkan anak didiknya lulus 100%. Apakah yang bersangkutan pintar atau tidak, nakal, atau tidak dan seterusnya. Makanya, meski pengumuman hasil Ujian Nasional SMP sederajat 2013, masih beberapa hari lagi, keinginan untuk mengetahuinya lebih awal selalu ada, mendorong, bahkan terbawa sampai mimpi.

Sikap tidak yakin tergambar dari rasa penasaran itu. Guru terutama guru pengajar bidang studi Ujian Nasional, seakan tidak yakin dengan cara mengajar mereka. Terlihat dari penasaran berlebihan, bagaimana hasil Ujian Nasional yang telah ditempuh selama 4 hari sebelumnya. Mereka menvonis diri tanpa sadar bahwa faktor kelulusan dengan sistem Ujian Nasional seperti ini, bukan hanya dari faktor guru.

Sikap sama namun topik berbeda ditunjukan oleh siswa dan orang tuanya. Rasa malu lebih dominan, kalau saja hasil Ujian Nasional SMP tempat sekolah anak mereka yang diumumkan nantinya, tidak sesuai harapan. Bagi saya, ini juga wajar. Klaim bodoh, atau keluarga bodoh dari lingkungan mereka menanti. Belum lagi, jika hasil Ujian Nasional SMP memaksa mereka untuk mengikuti paket C bulan berikutnya. “Apa kata dunia.” Ketus anak ‘pintar’ tetangga saya.

Kini, hari-hari mereka, guru, siswa, orang tua, bahkan yang tak terkait sekalipun berada dalam penjara menunggu. Meskipun orang berkata menunggu adalah membosankan, namun mau tidak mau mereka harus bersentuhan dengan menunggu. Menunggu hasil Ujian Nasional SMP dalam bayang hasil Ujian Nasional SMA sederajat yang sudah diumumkan sebelumnya.

Berbeda dengan salah satu sekolah ternama, mereka sudah tahu hasil Ujian Nasional SMP sederajat 2013 sekolah mereka, jika tak ada faktor lain. Caranya, ketika pelaksanaan UN, siswa mengerjakan jawaban di lembar soal terlebih dahulu sebelum mengisi LJK. Sehingga, hari berikutnya dapat dengan mudah diperiksa oleh guru dan mengetahui hasilnya.

Dari sekian menunggu yang tidak menjemukan, adalah menunggu sang kedatangan sang kekasih. Semoga menunggu pengumuman hasil Ujian Nasional SMP sederajat 2013 tanggal 1 Juni nantinya, berubah menjadi “kekasih” di tahun mendatang. pengumuman hasil Ujian Nasional SMP membuat kita tersenyum, lepas dari paket C dan menyambut masa depan yang lebih baik. Amin…

 

Tinggalkan Balasan