Mengenal Isteri Nabi saw, Khadijah al-Kubra

Menengok sejarah dan perjuangan Nabi saw, tersirat sebuah perjuangan yang sulit. Perjuangan yang butuh kekuatan tak sedikit, butuh pendamping setia untuk menopang perjuangan itu. Semua pernikahan yang dilakukan Nabi saw, tujuan utamanya adalah pengembangan dakwah sebagai hal yang utama.

Ada perbedaan pendapat ulama mengenai sunnah. Apakah yang menyangkut pribadi nabi saw adalah sunnah atau pada hal tertentu saja? Misalnya, nabi saw pernah melangsungkan akad nikah dengan 13 wanita untuk tujuan dakwah. Apakah hal itu bagian dari sunnah atau bukan, karena ada beberapa syariat Islam yang hanya berlaku pada Nabi saw, salah satunya adalah menikah dengan 4 wanita atau lebih.

Dari 13 wanita yang dinikahi oleh Rasul saw, ada dua wanita yang belum pernah beliau berkumpul dengannya. Dua orang wafat lebih dahulu dibanding Nabi saw, yaitu Khadijah al-Kubra dan Zainab bintu Khuzaimah, 9 lainnya masih hidup hingga Nabi saw wafat.

11 isteri Nabi adalah penopang, saat hidup bersama dalam perjuangan mengembangkan Islam. Wanita yang paling berperan, sebagai ujung tombak perjuangan Nabi saw adalah Khadijah al-Kubra. Tulisan ini akan melihat siapa sosok isteri Nabi saw, Khadijah al-Kubra, berupa hal yang jarang disebut dalam berbagai tulisan sejarah hidupnya. (baca juga: sifat Fathimah az ahra)

Berapa usia Khadijah saat dinikahi oleh Nabi saw? Ulama berbeda pendapat akan hal ini. Perbedaan itu semua beralasan. Misalnya, pendapat yang mengatakan bahwa Khadijah menikah dengan Nabi saw diusia 40 tahun, diambil dari hadis Ibnu Sa’d, “Rasul saw menikah dengan Khadijah ketika beliau berusia 25 tahun, sementara waktu itu Khadijah berusia 40 tahun.” (Thabaqat Ibn Sa’d dan kitab al-Waqidi)

Pendapat lain menyebutkan bahwa Nabi menikahi Khadijah diusia 28 tahun. Ini berdasarkan dari riwayat al-Hakim dari Muhammad Ibn Ishak dalam kitab a-Mustadrak, “Pada hari pernikahan Khadijah, dia berusia 28 tahun.”

Kemudian pendapat Ibnu Katsir dalam Kitab al-Bidayah wan al-Nihayah, bahwa menurut imam Baihaqi dari al-Hakim, usia Rasul saw ketika menikahi Khadijah adalah 25 tahun, sedangkan usia Khadijah ketika itu adalah 35 tahun, ada juga yang mengatakan, 25 tahun…”

Khadijah al-Kubra adalah seorang wanita kaya, mengenal Nabi saw melalui perdagangan. Saat Nabi menarik simpati Khadijah melalui cara berdagang Islami yang diperlihatkan Nabi saw. Ayah khadijah adalah Khuwailid bin Asad bin Abdul Uzza, yang juga kakek sahabat Zubair bin Awwam. Ibunya bernama Fatimah bintu Zaidah bin al-Asham, yang juga masih kerabat dari Ibnu ummi Maktum, seorang sahabat yang menjadi sebab turunnya surah Abasa ayat 1.

Kebanyakan ahli sejarah menyebutkan bahwa Khadijah al-Kubra dinikahi Nabi saw dengan status janda. Pernah menikah dengan laki-laki lain, dan bahkan mempunyai anak. Namun, ada juga pendapat mengatakan, bahwa saat Khadijah dinikahi Nabi saw, dalam keadaan masih gadis. Pendapat ini dikemukakan oleh Abu Nuaim al-Ashbahani.

Hal unik lain yang penting diketahui dari sosok Khadijah selaku isteri Nabi saw. Pertama, Khadijah adalah satu-satunya isteri Nabi yang tidak dipoligami. Kedua, Semua putra Nabi saw berasal dari Khadijah kecuali Ibrahim yang berasal dari ibunya, Mariyah Qibthiyyah. Ketiga, dari pernikahan inilah melahirkan Fatimah isteri Ali bin Abi Thalib (baca: nama fatimah).

khadijah al kubraKeempat, Khadijah adalah wanita yang paling sering dipuji Rasul saw, “Cukup bagimu 4 wanita pemimpin dunia: Maryam bintu Imran (Ibunda nabi Isa), Khadijah bintu Khuwailid, Fatimah bintu Muhammad, dan Asiyah Isteri Fir’aun.” Demikian sabda Nabi yang diriwayatkan imam Ahmad dalam hadis nomor 12391. Kelima, satu-satunya isteri Nabi saw yang paling sering disebut dan membuat Aisyah membicarakan hal ini.

Wanita terhormat, wanita baik-baik, akan melahirkan sosok yang baik pula. Hal unik dari Khadijah al-Kubra memperlihatkan bahwa dirinya bukanlah manusia seperti kebanyakan. Tak mudah mendapatkan pujian dari lisan suci Nabi akhir zaman. Semoga apa yang dikisahkan dari Khadijah bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita dalam menghadapi krisis keteladanan hari ini.

Tinggalkan Balasan