Mengenal Beberapa Jenis Sarung Tinju

Tinju merupakan salah satu olahraga yang saat ini sudah mulai popular di Indonesia. Kepopuleran olahraga tinju sendiri ditandai dengan adanya beberapa pemain tinju asal Indonesia yang bisa berbicara banyak di ajang atau kompetisi internasional. Sebut saja petinju Indonesia yang mampu berbicara banyak di event internasional antara lain adalah Chris John, Elias Pikal dan masih banyak lagi pemain tinju muda Indonesia lainnya yang saat ini menimba ilmu untuk menjadi petinju professional.

Dalam artikel ini saya akan memberikan pengetahuan unik kepada anda mengenai olahraga yang bisa jadi merupakan olahraga yang keras ini. Pengetahuan tersebut adalah mengenai sarung tinju atau sarung tangan yang biasanya digunakan para petinju untuk melindungi tangannya saat bertarung.

Sebelumnya banyak orang berfikir bahwa sarung tinju sendiri dibuat agar orang yang terkena pukulan tidak merasakan sakit yang lebih parah. Akan tetapi, ternyata anggapan tersebut salah. Pada dasarnya sarung tinju sendiri berfungsi untuk melindungi bagian tangan si petinju sendiri agar tidak cidera, karena memang investasi yang sangat berharga bagi seorang petinju adalah tangannya.

Jika anda berniat untuk menjadi seorang petinju, maka akan lebih baik jika anda terlebih dahulu mengetahui mengenai jenis-jenis sarung tinju seperti yang akan dijelaskan pada uraian di bawah ini :

Training Gloves

Sesuai dengan namanya, sarung tinju jenis ini hanya digunakan para petinju untuk berlatih tinju. Sarung tinju ini juga memiliki desain yang khusus dimana bahannya dibuat dengan sangat fleksibel agar penggunanya yang mayoratasnya adalah pemula tidak mengalami cidera pada bagian ibu jarinya selama menjalani latihan. Adapun berat Training Gloves sendiri biasanya adalah 10 ons, adapun para petinju professional biasanya menggunakan sarung tinju yang beratnya 12, 14 dan 16 ons.

Bag Gloves

Sarung tinju yang satu ini biasanya digunakan untuk para petinju professional untuk lebih meningkatkan staminanya serta meningkatkan lagi control atas pukulan yang dilepaskannya. Sarung tangan ini sendiri didesain dengan bobot lebih berat. Bag Gloves sendiri dibuat dengan loop pada jari serta bantalan untuk ibu jarinya. Perlu diketahui pula bahwa anggapan kebanyakan orang yang selama ini berpendapat bahwa kebanyakan pemain tinju itu cidera ketika terkena pukulan di wajah. Akan tetapi ternyata banyak petinju yang justru cidera pada bagian tangan mereka ketika bertinju.

Profesional Fight Gloves

Sarung tinju yang satu ini pastinya sudah bisa ditebak, dimana sesuai dengan namanya bahwa petinju ini biasanya digunakan untuk para petinju yang sudah professional. Sarung tinju yang satu ini, dibuat dengan bobot yang lebih ringan tentunya disbanding dengan training gloves. Beratnya hanya 8, 10 atau 12 ons saja. Pada dasarnya, sarung tangan ini memiliki fungsi agar keselamatan tangan yang merupakan investasi yang paling berharga bagi para petinju. Sarung tinju yang satu ini dibuat dari bahan kulit asli yang dilapisi dengan busa di semua sisinya untuk keamanan.

MMA Gloves

MMA sendiri merupakan akronim dari Mixed Martial Arts yang berarti pertarungan gaya bebas yang biasanya juga menggunakan sarung tangan. Jenis sarung tangan yang satu ini sudah dapat ditebak bahwa tingkat keamanan lebih tinggi dan juga memili desain yang lebih modis. Adapun bobot dari sarung tangan yang satu ini berkisar antara 4 hingga 6 ons saja.

Amateur Competition Gloves

Sarung tangan yang satu ini biasanya digunakan oleh para petinju pemula dalam bertinju. Pastinya akan sesuai untuk digunakan oleh para pemual karena desainnya yang nyaman dan juga berfungsi untuk melatih agar pemula ini bisa menjadi seorang petinju yang professional.

Aerobic Gloves

Aerobic Gloves adalah sarung tinju yang dapat digunakan untuk melatih anda dalam efektivitas bertinju. Biasanya sarung tinju jenis ini juga digunakan dalam pertandingan cardio kick-boxing.

Tinggalkan Balasan