Mengenal Batu Cincin Merah Delima

Merah Delima adalah salah satu jenis dari korundum berbahan aluminium oksida. Merah Delima biasa disebut dengan Ruby kemerahan, karena warna Merah Delima sesuai namanya adalah merah dengan segala variannya, mulai merah muda, sampai merah darah. Warna merah khas Merah Delima adalah karena kandungan kromium di dalamnya. Kata “delima” diambil dari buah Delima yang senantiasa berwarna merah.

Batu cincin Merah Delima, adalah salah satu dari batu cincin berharga, berkelas setara dengan Jamrud, Safir, Intan, dan Bacan. Harga batu cincin Merah Delima sangat dipengaruhi oleh warnanya dan kekentalan batunya. Menurut beberapa ahli batu cincin, kekentalan batu cincin Merah Delima sekaligus kekentalan warna merahnya. Samakin merah warnanya, maka semakin berkualitas Merah Delima tersebut.

Khasiat dan kegunaan batu cincin Merah Delima diyakini sangat beragam. Meski demikian, kegunaan yang paling utama adalah kharisma, kewibawaan, kehormatan, dan sebagai obat. Orang tua dahulu bahkan meyakina Merah Delima jenis Mustika mampu memberi kekebalan tubuh dari senjata tajam setelah sebelumnya dirajah.

Khasiat Batu Cincin Merah Delima

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa khasiat batu cincin Merah Delima didasari pada rajah, dan kecocokan pengguna. Olehnya, khasiat Merah Delima tidak serta merta dari bahasa penjual tapiperlu dikorelasikan dengan kecocokan pembeli. Berikut beberapa khasiat batu cincin Merah Delima:

  1. Pengguna yang cocok dengan batu cincin Merah Delima akan kebal dari serangan lahir dan batin. Serangan lahir seperti senjata tajam. Serangan batin seperti gangguan makhluk gaib dan sejenisnya.
  2. Sarana pengobatan dan tameng antisipasi dari berbagai macam penyakit. Diyakini, cukup dengan merendamnya di air, lalu air hasil rendaman batu Merah Delima diminum akan menjadi obat dan pencegah
  3. Merubah warna air menjadi merah, dan menambah kuantitas air
  4. Pengguna Merah Delima yang cocok akan memiliki daya supranatural yang lebih tinggi
  5. Rendaman dari batu cincin Merah Delima akan berkhasiat sebagai obat awet muda

Beberapa Pendapat Mengenai Batu Cincin Merah Delima

Batu cincin Merah Delima berasal dari Thailand, Burma, Afrika, dan India. Di Indonesia, tidak ditemukan batu cincin Merah Delima. Jika ada, maka asal mulanya dari negara yang sudah disebutkan tadi. Ada beberapa bentuk dan dan jenis batu cincin Merah Delima oleh ahli dan orang berpengalaman akan batu cincin. Berikut pendapat mereka:

Merah Delima dengan bentuk bulat kelereng berkhasiat untuk kesehatan, keamaanan pemakai dan penggunanya. Bentuk bundar oval cocok untuk manajemen perdagangan. Bentuk oval tapi tidak bundar, cocok untuk perdagangan saja. Pendapat ini dikemukakan oleh Aji MT Arifin.

Menurut budayawan asal Bali, Soelung Loedhaya, Merah Delima ada dua bentuk, yaitu Merah Delima aji dan Merah Delima mustika. Menurutnya, Merah Delima mustika berasal dari alam halus, dan hanya Merah Delima mustika yang memiliki kekuatan lebih, sehingga kadang dipalsukan dengan menambahkan fosfor.

Pendapat itu selaras dengan pendapat RM Wisnu Agung Putra Diponegoro yang mengatakan, Merah Delima ada dua, batu kali yang disebut dengan Ruby, dan Merah Delima asli dari kekuatan ghaib. Senada dengan pendapat Gus Simon, budayawan asal Surabaya, Merah Delima ada dua ukuran kecil, dan Merah Delima yang memendaran cahaya, dan ini disebut Merah Delima mustika.

Ciri Batu Cincin Merah Delima Asli

Untuk membuktikan batu cincin Merah Delima asli atau tidak, memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Batu cincin Merah Delima memiliki serat batu
  2. Batu cincin Merah Delima terasa berat
  3. Apabila bersentuhan dengan kulit, batu cincin Merah Delima, akan terasa dingin dibanding batu cincin lainnya
  4. Pendapat lain, ciri batu cincin Merah Delima asli itu kecil, sehingga sulit di jemput dengan jari
  5. Warna merah pada Merah Delima tidak menggelembung dan mengkristal
  6. Warna merah hasil rendaman air batu cincin Merah Delima tidak hilang, awet. Olehnya harap berhati-hati dengan ciri ini, karena bisa jadi Merah Delima dicampur dengan kandungan fosfor
  7. Tembak gelas yang berisi air dan Merah Delima, jika asli tidak akan pecah

Selain itu, dapat pula menguji batu cincin Merah Delima asli atau tidak dengan beberapa penjelasan sebelumnya

3 Comments

  1. antiklopediaReplyJanuari 11, 2015 at 22:44 

    thanks infonya gan, ijin untuk dijadikan referensi

  2. hargatronikReplyApril 20, 2015 at 08:27 

    sangat bermanfaat menambah pengetahuan tentang batu cincin

    • MushlihinReplyMei 1, 2015 at 22:49 

      Ayo dong perlihatkan koleksi kamu 😀

Tinggalkan Balasan

Send this to a friend