Memahami Sumber Data dalam Penelitian

Umunya, saat memasuki BAB III dalam sebuah penelitian, biasanya peneliti akan menguraikan metodologi yang digunakan dalam penelitiannya itu. Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui dalam metodologi penelitian, salah satunya adalah Sumber data dalam penelitian (baca: langkah umum dalam penelitian).

Sumber data dalam penelitian adalah penjelasan mengenai subyek dari mana data dalam penelitian itu didapatkan. Misalnya, jika penelitian menggunakan kuisioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut responden. Jika penelitian menggunakan teknik observasi, maka sumber datanya bisa berupa benda, gerak atau proses tertentu.

Perlu diketahui, bahwa antara sumber data penelitian kuantitatif berbeda dengan sumber data penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif lebih bersifat menerangkan, atau menjeleskan. Sedangkan penelitian kualitatif lebih bersifat memahami fonemena atau gejala sosial, karena bersifat to learn about the people atau menjadikan masyarakat sebagai subyek (baca: paradigma penelitian).

Sumber data dalam penelitian dibedakan menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data otentik atau data yang berasal dari sumber pertama. Sumber data primer, biasa juga diistilahkan dengan sumber langsung dan terkait dengan objek yang diteliti. Misalnya penelitian lapangan, maka data primer adalah berasal dari data lapangan yang diperoleh melalui, angket, kuisioner, wawancara terstruktur terhadap informan yang berkompeten, atau data yang didapatkan langsung dari objek seperti data angka terkait penelitian itu.

Agar dapat memperoleh sejumlah data primer, maka diperlukan sumber data dari obyek penelitian yang disebut situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu: tempat, pelaku, dan aktivitas yang berinteraksi secara sinergis.

Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui penelusuran berbagai referensi, baik bersumber dari buku-buku, atau sumber referensi lainnya yang berkaitan dengan tema pembahasan penelitian.

Penelusuran referensi yang dimaksudkan, adalah cara mendapatkan data dengan mempelajari berbagai referensi yang berkaitan dengan masalah penelitian, dan mengutipnya, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Teknik penelusuran referensi bertujuan untuk mendapatkan data-data yang masih berserakan di berbagai referensi yang ada.

Dalam penelitian kualitatif, sumber data sekunder sangat dibutuhkan dalam rangka membantu peneliti mendeskripsikan hasil penelitian yang dilakukan, baik olahan dari data primer atau perpaduan data primer dan data sekunder.

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend