Manfaat Menghapal al-Quran

“Dan perumpamaan orang yang membaca al-Quran sedangkan ia hafal ayat-ayatnya bersama para malaikat yang mulia dan taat.” (H.R. Muttafaqun Alaih)

Jika ingin berpikir duniawi secara sepintas, apasih manfaat menghapal al-Quran?. Kenapa tidak menghapal pelajaran lain, kimia rumus matematika atau yang lain?. Bagi yang tidak merasakan, tentu tidak akan bisa membuktikan bahwa betapa banyak manfaat menghapal al-Quran.

Beberapa hafidzh (penghapal al-Quran) mengungkapkan bahwa manfaat menghapal al-Quran, yaitu 1) mampu menghapal semua jenis pelajaran, 2) mampu menyusun kerangka pemikirannya lebih baik, 3) penghapal mampu mengatur pola kehidupannya, dan 4) penghapal al-Quran akan sangat selektif dalam bertutur kata.

al-Quran telah sedemikian rupa disusun oleh Allah swt, dengan urutan yang bagi orang yang bukan berbahasa Arab cukup rumit. Penempatan harakat, huruf, kalimat, , dan sebagainya, diatur dengan komposisi yang begitu kompleks. Kompleksitas ini membuat kinerja otak kanan manusia bekerja lebih keras dibandingkan ketika menghapal teks atau bacaan lain. Tak ada pelajaran yang melebihi kompleksitas itu. itulah sebabnya penghapal al-Quran, bisa menyesuaikan diri dengan semua mata pelajaran.

Menghapal al-Quran akan membentuk kerangka pikir manusia yang lebih efektif dan lebih efisien. Setiap hendak membuat untuk tugas dalam tenggang waktu yang relatif singkat, penghapal al-Quran tidak gegabah atau panik. Mereka terlatih menghadapi kompleksitas dan rumitnya ayat mirip dalam al-Quran.

Menghapal al-Quran plus mengamalkan kandungannya juga berarti melatih diri peka terhadap masalah apapun dalam kehidupan. “Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya, ‘Siapakah mereka ya Rasulullah?’ Rasul menjawab, ‘Para ahli al-Quran. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya.” (HR Ahmad). Itulah sebabnya penghapal al-Quran mampu mengolah pola kehidupannya.

Terakhir penghapal al-Quran berarti ia rela mengorbankan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk melafalkan kalimat suci dari Allah swt. Pelafalan kalimat suci inilah yang membuat tutur kata seorang penghapal al-Quran lebih teratur.

Sekian, ulasan tentang manfaat menghapal al-Quran. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan