Lengkuas sebagai Obat Panu

Lengkuas, mungkin tiada yang tidak mengenal minimal mendengar nama tanaman ini. Biasanya tumbuhan ditanam dengan sengaja, dan biasa pula lengkuas tumbuh tanpa sengaja.

Lengkuas mudah ditanam, baik dengan lahan tertentu, atau di sekitar rumah. Tinggi tanaman ini bisa 2.5 meter. Ada dua jenis lengkuas; pertama, lengkuas yang biasa digunakan dalam masakan, umumnya berwarna putih, dan kedua, lengkuas berwarna merah. Lengkuas ini umumnya berkhasiat untuk racikan obat-obatan.

Lengkuas banyak digunakan di Malaysia dan Indonesia sebagai bahan perasa dan rempah dalam masakan seperti rendang, masakan kari atau gulai.

Bagi suku Bugis, bahan itu digunakan dalam masakan tradisional dikenali Ayam Masak Lengkuas atau Ayam masak Likku. Masakan unik ini merupakan masakan turun temurun yang akan dihidangkan di kebanyakan rumah Bugis.

Lengkuas, adalah sejenis tumbuhan umbi-umbian, memiliki banyak kandungan bermanfaat. Lengkuas mengandung minyak atsiri. Itulah sebabnya, masakan memiliki bau khas. Bau itu berasal dari minyak atsiri.

Namun bagi anda yang sering terjangkit panu, penyakit kulit berupa Bercak-bercak tersebut ada yang berwarna putih, coklat maupun merah, tergantung dari warna kulit penderita, lengkuas menjadi obat yang ampuh.

Caranya, cukup mengambil lengkuas secukupnya, memarutnya, kemudian mengoleskannya ke tempat kulit yang terkena panu. Tunggu satu hari saja, dan lihat khasiatnya.

Lengkuas sebagai obat panu, memiliki kelebihan dibanding dengan obat panu pasaran. Umumnya obat panu pasaran, memiliki efek samping, seperti rasa pedis di kulit, dan bercak kemerahan setelah memakainya.

Penggunaan lengkuas sebagai obat panu, berdasarkan pengalaman pengguna, tak memiliki efek samping. Tak ada rasa pedis, dan bekas setelah pemakaian. Anda ingin mencoba, silahkan beli lengkuas.

2 Comments

  1. yunikaReplyOktober 29, 2013 at 14:29 

    Barusan pake lengkuas, ehh panas nya gk hilang2, kulit pedas, merah2,, huaaa

    • MushlihinReplyOktober 29, 2013 at 18:23 

      Loh kok panas???, lengkuas itu diolesin saja, gak digosok kayak parut non… Atau bukan panu kali yah :))

Tinggalkan Balasan