Lampiran dalam Laporan Penelitian Tindakan Kelas

Pada bagian akhir penelitian tindakan kelas, biasanya menautkan sesuatu sebagai penjelasan dari tindakan yang telah dilakukan. Tautan tersebut disebut lampiran. (baca: kepustakaan dalam penelitian tindakan kelas)

Bagian lampiran dalam penelitian tindakan  kelas memuat lembaran data pelengkap yang dipandang secara konkret dapat mendukung validitas atau kesahihan suatu uraian, tetapi tidak perlu dimuat, dalam bagian utama penelitian tindakan kelas.

Lembaran dimaksud bisa berupa dokumen khusus, gambar, grafik, skema, naskah undang-undang dan peraturan, surat resmi atau pribadi, silsilah, model angket, dan sejenisnya. Urutan pemuatan lampiran ini harus disesuaikan dengan urutan uraian terkait dalam penelitian tindakan kelas.

Daftar gambar, yaitu memuat dokumen gambar yang anda lakukan dan berkaitan ketika melakukan penelitian tindakan kelas.

Daftar media, yaitu media dan atau alat pembelajaran yang anda gunakan dalam penelitian tindakan kelas, dan berkaitan dengan penelitian yang anda lakukan. Dan seterusnya.

Selain hal tersebut, lampiran daftar riwayat hidup juga dipandang perlu sebagai otentifikasi penulis. Daftar ini berisi:

Judul halaman, Biografi penulis, daftar riwayat hidup, atau judul sejenis. Diketik simetris di tepi margin atas.

Data riwayat hidup penyusun terdiri atas: nama penyusun, tempat dan tanggal lahir, asal sekolah jenjang terakhir, nama orangtua, istri/anak (kalau ada), riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan (kalau ada), jabatan/pangkat (kalau ada), penghargaan yang pernah diperoleh (jika ada), riwayat/pengalaman organisasi, dan daftar karya tulis (kalau ada).

Tinggalkan Balasan