Keunikan Kucing yang Jarang Diketahui

Dalam ajaran islam, binatang terkadang disebut untuk diambil sebagai perumpamaan sebuah kejadian. Dari perumpamaan binatang tersebut, terbersit hikmah yang sangat dalam dan dapat diambil sebagai pelajaran dalam kehidupan. Beberapa binatang yang disebut diantaranya, burung, nyamuk dan kucing.

Terkhusus untuk kucing, seorang sahabat sekaligus perawi ribuan hadis diberi gelar bapak kucing, karena sahabat ini sangat suka dengan kucing, dan selalu membawa kucing dalam gendongannya ke manapun dia pergi.

Dialah Abdurrahman bin Shakhr al-Azdi (lahir 598-wafat 678), yang lebih dikenal dengan panggilan Abu Hurairah. Abu Hurairah berarti bapak kucing atau bapaknya kucing. Abu Hurairah berasal dari kabilah Bani Daus dari Yaman. Ia diperkirakan lahir 21 tahun sebelum hijrah.

Seperti yang diutarakan sebelumnya, semua binatang yang tersebut dalam bagian ajaran Islam, memiliki keunikan khas. Kucing juga demikian. Kucing memiliki sederet keunikan dan bahkan tidak dimiliki oleh binatang lain. Beberapa keunikan kucing, yaitu:

Pertama: kucing memiliki IQ yang lebih tinggi dari binatang lain kecuali Simpanse, binatang sejenis kera.(Baca: coto keera) Karena inteligensi yang tinggi inilah, kucing sangat cekatan menghindar, merefelksikan tubuhnya pada keadaan yang menimpanya.

Itulah sebabnya, kucing mungkin bisa selamat jika terjatuh dari lantai lebih tinggi dari pada lantai rendah, karena dengan kecerdasan yang dimilikinya, kucing membutuhkan waktu dan cepat menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya

Kedua: salah satu bagian dari tubuh kucing yaitu kumis, sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun.

Kemampuan itu membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat. Jika dirumah anda ada kucing dan anda ingin memindahkanya ke tempat jauh, maka kucing dengan kumisnya mampu mendeteksi dan kembali ke tempat itu.

Ketiga: dibanding dengan binatang lain, kucing termasuk yang sangat bersih. Kemampuannya untuk menjilati rambut mereka.

Dalam beberapa literatur disebutkan, saliva atau air liur kucing bisa menjadi pembersih yang kuat dan efisien, meski pun dapat memicu alergi pada kulit manusia.

Olehnya itu, banyak perawat kucing membersihkan kucingnya dengan memikirkan bagaimana kucing yang dipelihara dapat menghasilkan saliva lebih banyak dan mudah dikeluarkan.

rahasia kucing
Ilustrasi

Keempat: dalam tradisi Bugis-Makassar, tanduk kucing tertentu dijadikan azimat keberanian berdasarkan empat kemampuan kucing yang telah disebutkan. Kucing yang dimaksud disebut nyaung palo. Yaitu, kucing terlahir jantan dengan minimal 3 warna berbeda, dan ketika lahir keluar tanduk kecil, dan tanduk inilah yang diambil sebagai azimat.

Kucing dengan syarat seperti itu sangat jarang ditemukan, karena konon setiap kucing yang lahir seperti itu, kucing ini akan langsung dibunuh oleh induknya.

Masih banyak keunikan kucing tercatat dalam beberapa referensi dan situs online. Apa yang saya utarakan, adalah keunikan kucing yang senantiasa saya amati.

Semoga dengan memahami kelima keunikan kucing ini, maka seorang pecinta binatang akan mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan biantang piaraannya, dalam hal ini adalah kucing

Tinggalkan Balasan