Kenalkan 10 Penemu Muslim Ini Pada Anak Agar Menjadi Inspirasi Bagi Mereka

Sebagai anak muslim sejatinya mereka mengenal siapa tokoh muslim yang tercatat dalam sejarah. Hal ini penting, karena jika bercerita masa lalu, bayangan yang muncul dalam hayalan imajinasi mereka, rentan sosok bersorban, jubah lebar yang kumuh, kuno, dan ketinggalan jaman. Jauh dibanding dunia yang mereka alami hari ini. Serba tekno, main sentuh pencet doang, dan mereka tahu itu dari barat. (Baca juga : penemu olahraga basket)

Imajinasi itu terbentuk, bukan tanpa sebab. Pendidik di sekolah memang jarang memberi tahu tentang penemu muslim yang sebenarnya melegenda. Mereka penemu muslim yang justru meletakan dasar segala hal kemoderenan yang ada hari ini. Olehnya itu, mengisahkan kepada anak-anak siapa penemu muslim yang pernah ada menjadi penting. Buat mereka bangga pada agamanya dan termotivasi untuk berkarya seperti para penemu muslim itu. (Baca juga: tokoh dan pendekatan pembelajaran mereka)

Berikut riwayat singkat 10 penemu muslim yang dikenal dalam sejarah:

Abbas bin Firnas

abbas-ibnu-firnas

Siapa Abbas bin Firnas? Dialah penemu dan penerbang pertama. Kok bisa, dalam buku kan penerbang pertama itu Wright Bersaudara? Padahal tercatat lebih dari 1000 tahun sebelum Wright Bersaudara Abbas telah menciptakan pesawat, sekaligus mencoba pesawat buatannya dan terbang di udara. Dalam percobaan awalnya, Abbas bin Firnas berhasil terbang selama lebih dari 10 menit. Jauh lebih lama dari penerbangan pertama Wright Bersaudara 100 tahun setelah itu yang hanya 12 detik.

Bukan cuma catatan sejarah saja, bahkan di Spanyol untuk menghargai karya Abbas pemerintah setempat mendirikan berdiri patung Abbas bin Firnas

Inspirasi sederhana sehingga membuat Abbas bin Firnas berhasil terbang dengan pesawat buatannya bersumber dari ayat al-Quran tentang penciptaan burung. Bagaimana burung diciptakan dan mampu terbang dengan dua sayapnya.

Ibnu Sinaibnu-sina

Ibnu Sina adalah tokoh muslim yang meletakan dasar ilmu kedokteran. Tokoh muslim yang konsen pada bidang kedokteran saja. Dialah orang pertama yang melakukan operasi. Operasi itu dilakukan pada abad 11 Hijriah.

Sampai sekarang, buku al-Qanun fi at-Tibb menjadi rujukan bagi dunia kedokteran. Buku ini diterjemahkan menjadi Canon of Medicine. Meski dalam terjemahan, banyak yang diplesetkan, buku ini masih menjadi primadona dasar dunia barat dalam ilmu kedokteran.

Al Jazari

al-jaziriAl Jazari adalah ahli mesin pertama dalam sejarah. Karyanya yang terkenal adalah jam gajah yang dipakai dalam menentukan waktu shalat, puasa dan haji. Jam ciptaannya itu menggunakan aliran air. Bagaimana aliran air mampu membuat akurasi jam dengan sangat tepat.

Karya lain al-Jazari adalah mesin pompa air, untuk digunakan berwudhu. Berkat al-Jazari, orang-orang di Turki abad ke-12 mampu beribadah dengan lebih nyaman.

 

Az Zahrawial-zahrawi

Az Zahrawi adalah penemu alat kedokteran pertama. Dia juga dikenal sebagai bapak ahli bedah. Karya pertamanya lahir pada abad 10 adalah pisau bedah, bor, gunting, dan lebih dari 200 lebih alat bedah yang masih digunakan sampai sekarang, meski banyak yang sudah dimodifikasi.

Hasil temuannya itu kemudian dirangkum dalam buku karyanya, al-Tasrif diterjemahkan oleh Barat dan menjadi panduan operasi di sekolah-sekolah kedokteran selama berabad-abad.

fathimah-al-fithriFathimah al-Fitri

Universitas pertama di dunia diciptakan oleh Fathimah al-Fitri, seorang muslimah. Dia membuat universitas modern pertama di dunia. Universitas ini ada di kompleks masjid al-Qawariyin di Fez, Maroko. Bersama dengan adiknya, Maryam yang membuat universitas di Andalusia, Spanyol.

Kedua universitas ini menjadi kiblat bagi dunia pendidikan modern. Bahkan pakaian mahasiswa ala Fathimah al-Fitri masih dipakai sampai sekarang. Itulah sebabnya, toga yang berbentuk segi empat merupakan simbol dari Kabah, semua merupakan bagian dari pakaian mahasiswa Fatimah al-Fitri.

Ibnu Al Haythamibnu-al-haytham

Kalau hari ini wajah bisa dibuat makin ciamik denga kamera 360 buatan barat, ternyata ide pembuatan kamera itu berasal dari tokoh muslim Ibnu al-Haytam. Hasil karyanya itu kemudian menjadi dasar kerja kamera yang ada di ponsel Anda saat ini.

Karya al-Haytam kemudian dibukukan dengan judul al-Manazir, diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi berjudul Book of Optics. Ibnu al-Haytham dikenal di Barat dengan nama Alhazen. Ia sangat memengaruhi pola pikir ilmuwan-ilmuwan Barat seperti Roger Bacon, Leonardo Da Vinci, dan Keppler.

Kamera al-Haytam disebut camera obscura. Cahaya yang menyinari lubang kecil di ruangan gelap akan memproyeksikan film negatif, seperti kamera dan film di bioskop. Camera sendiri berasal dari bahasa Arab “Qamara” yang berarti kamar.

Ibnu Battuta

ibnu-battutaColoumbus? Tak ada apa apanya dengan tokoh penjelajah muslim satu ini. Ibnu Battuta hidup pada abad ke-14. Pada usianya yang baru 21 tahun, Ibnu Battuta berkelana selama 29 tahun. Ia telah mengunjungi 44 negara, mulai dari Afrika, Mesir, Suriah, Persia, Teluk Arab, Anatolia, Turkistan, Afghanistan, India, Maladewa, Srilanka, Bengal, Sumatera, Tiongkok, Sardinia, dan Spanyol.

Berbeda dengan para penjelajah yang tercatat dalam sejarah di sekolah pada umumnya, perjalanan Ibnu Battuta, murni untuk tujuan dakwah, bukan ekspansi atau perluasan wilayah. Perjalanannya itu kemudian dihimpun dalam kitab berjudul ar-Rihlah.

jabir-ibn-hayyan

Jabir ibnu Hayyan

Ibnu Hayyan adalah tokoh muslim penemu wewangian, karena keahliannya dalam bidang kimiawi. Ibnu Hayyan sudah menciptakan parfum sejak abad ke-8. Ibnu Hayyan menemukan proses sublimasi, pencairan, kristalisasi, distilasi, pemurnian, oksidasi, dan berbagai percobaan kimia lainnya.

 

Sinan

Masjid Selimiye punya menara tinggi anti gempa, berdiri pada abad ke-16 dengan arsitek tiada duanya dan dia seorang muslim. Sinan ini bernama lengkap Koca Mimar Sinan. Ia berasal dari keluarga Kristen Ortodoks Yunani namun mendapat hidayah dan masuk Islam.

Sinan telah membangun lebih dari 470 bangunan megah di zaman Turki Utsmani. Karya besarnya adalah Masjid Selimiye di Edime. Masjid Selimiye ini memiliki menara antigempa tertinggi di Turki.

Laksamana Cheng Hocheng-ho

Film Laksamana Cheng Ho pernah diperankan Yusril Ihza Mahendra. Laksamana Cheng Ho adalah tokoh muslim yang datang ke Nusantara dan 37 negara lainnya dengan membawa pesan perdamaian. Berbeda dengan Vasco da Gama maupun Christopher Colombus yang datang untuk menjajah negeri yang didatangi.

Laksamana Cheng Ho adalah pemilik kapal besa dengan panjang lebih dari 130 meter dan dibuat tanpa besi. Ukuran kapalnya 5 kali kapal Vasco da Gama. Bahkan ilmu engineering saat ini masih belum bisa membuat ulang kapal laut milik Cheng Ho.

Semoga riwayat singkat 10 tokoh muslim ini bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak untuk makin mencintai agamanya. Amiin…

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend