Waduh Ternyata Logo Juga Bisa Menimbulkan Masalah; Ini Masalah Besar Logo Baru Manchester City

Rencana memperkenalkan logo baru dengan suasana fantastis, tidak tercapai. Prediksi menyebutkan bahwa Manchester City akan menang besar melawan Sunderland. Di saat itulah akan diperkenalkan logo baru tim yang mempunyai 8 pemain muslim ini, kepada fans fanatiknya.

Terbukti, meski bermain di kandang Sunderland saat laga boxing day, Sabtu 26 Desember 2015, Manchester City menang besar 4 – 1. Sebuah hamaparan bendera besar terpajang lebar di stadion. Bendera bergambar logo baru Manchester City terlihat berbeda dengan logo sebelumnya. Desainnya didominasi lingkatan putih dan bukan elang. Menang sambil memperkenalkan logo baru. Fantastis !

Namun rencana tak sepenuhnya berjalan mulus. Intellectual Property Office (IPO), sebuah badan resmi pemerintahan Inggris yang bertanggungjawab atas hak kekayaan intelektual di Inggris, telah merilis logo itu di situs mereka lebih awal. Sebagai badan yang memeriksa dan menerima hak paten, entah sengaja atau tidak, akhirnya launching logo baru Manchester City, tidak cetar membahana. (Baca juga: pemain muslim Manchester City)

Tak ada komentar dari pihak manajemen klub soal kebocoran itu. Meski itu menjadi sesuatu yang tidak diharapkan, juru bicara City hanya menegaskan kalau launching resmi logo baru hanya saat menghadapi Sunderland. Dan logo itu akan mulai digunakan pada musim panas 2016.

Masalah Logo Baru Manchester City kedua. Desain logo lebih didominasi lingkaran bukan lagi elang emas. Meski sudah didiskusikan selama 30 hari bersama fans setianya, logo dengan desain bulat, terdapat kapal raksasa Mancunian dan mawar merah khas Lancashire, menuai bahan ejekan dari netizen.

Kritikan netizen bukan tak beralasan. Model logo baru Manchester City mirip dengan logo priode tahun 70-an (1972-1997). “Era baru dengan model logo lama”, kritik salah satu netizen. “Logonya kok mirip logo anak SD,” komentar netizen lainnya.

Sindiran lain mengenai gambar emblem yang mirip mawar merah di bagian tengah, tepat di bawah emblem perahu. Emblem mirip mawar itulah yang menjadi sasaran sindiran dengan cara diganti dengan emblem drum minyak. Para netizen sepertinya menyindir status kepemilikan Man City yang dipegang oleh Syeikh Mansour bin Zayed Al Nahyan, juragan minyak asal Abu Dhabi.

Meski demikian, ketua eksekutif Dewan Manchester City merasa senang dengan kehadiran logo tersebut.

“Yang membuat saya sangat senang khususnya adalah bagaimana kata-kata Manchester dan City menonjol dalam lambang ini. Dengan penyertaan tiga simbol regional yang menggugah yaitu kapal, tiga sungai, dan mawar, tak diragukan ini adalah lambang untuk sebuah klub yang terikat erat dengan kota tempatnya berada dan yang telah memberikan sangat banyak untuk kota tersebut.”

Masalah Logo Baru Manchester City ketiga, fans fanatik sudah terlanjur mentatto bagian tubuhnya dengan logo lama. Pergantian logo baru Manchester City membuat fans fanatik tadi bingung dengan aksesoris tubuh mereka, terutama masalah biaya.

Namun demikian, jajaran direksi City akan terus mencari cara agar perubahan logo ini tak merugikan para pendukungnya. Harga penghapusan tato sekitar 50 poundsterling jika dikalikan puluhan ribu tatto bukanlah jumlah yang sedikir. Bahkan ada biaya tatto sampai 2 ribu poundsterling.

Buat apa logo baru kalau menimbulkan masalah? Bagaimana para penggemar City, apa komentar Anda?

2 Comments

  1. Agung PushandakaReplyDesember 28, 2015 at 12:58 

    Perubahan logo memang pasgi ada pro kontra. Btw, tentang gambar kapal mancunian,, bukannya mancunian jadi sebutan untuk rival sekota city ya?

    • MushlihinReplyDesember 28, 2015 at 19:23 

      Tidak dominan, penyebutan itu kadang untuk keduanya. Namanya aja sekota 🙂

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend