Ini Cara Menghilangkan Rasa Bosan

Bosan, kata yang paling membosankan … Mungkin saya, Anda, mereka, sering merasakan bosan. Santai saja, bosan itu adalah hal biasa sulit dibuat santai. “kok bahasanya muter-muter gini sih?”. Iyah, agar tidan bosan. Maksudnya, terkadang kita mudah merasakan bosan, karena yang kita lakukan memang membosankan. Pekerjaan yang berpotensi menimbulkan rasa bosan adalah pekerjaan berulang.

Nah terkadang kita sering sekali merasa bosan entah itu karena yang kita lakukan itu membosankan atau kita sedang melakukan sesuatu berulang-ulang kali dan atau juga menghadapi suatu kondisi yang membuat kita menjadi bosan dan lain sebagainya. Inti dari kebosanan adalah ketertarikan dan kecintaan terhadap sesuatu yang membuat kita bosan. Pekerjaan akan membuat kita bosan, jika kita tidak menyukai pekerjaan itu, meski kita tidak melakukannya berulang ulang. (baca: menunggu itu membosankan; Diary bapak sakit)

Ada beberapa cara menghilangkan rasa bosan. Cara yang paling sederhana adalah meninggalkan hal yang membuat kita bosan. Namun, bagaimana jika itu tidak mungkin kita lakukan. Misalnya, pekerjaan sehari-hari kita sebagai siswa, pagi berangkat ke sekolah, siang pulang dalam keadaan lapar, begitu seterusnya. Untuk berhenti sekolah, rasanya tak mungkin. Olehnya, perlu cara menghilangkan rasa bosan itu tentunya.

Pertama, menghilangkan rasa bosan dengan mengalihkan ke hal yang kita sukai. Semua orang pasti punya sesuatu yang dia sukai dalam kesehariannya. Hal yang dia sukai itu menjadi kebiasaan yang menjadi idaman, dan menciptakan kerinduan. Misalnya, mendengarkan musik, melamun (meski dilarang), dan kebiasaan menyenangkan lainnya. Nah, alihkan hal membosankan itu dengan melakukan hal yang kita sukai tadi. Jadi, hal yang membuat bosan tetap dikerjakan, bersamaan dengan hal yang kita sukai.

Kedua, munculkan rasa ingin tahu, dan rasa penasaran. Sesuatu yang membosankan biasa muncul karena kita kurang mengerti maksud yang akan kita capai dalam perbuatan itu. Coba munculkan rasa ingin tahu, rasa penasaran, jika tujuan yang dilakukan tercapai. Misalnya, perbuatan yang paling membosankan adalah menunggu. Coba pikirkan apa yang akan terjadi jika yang ditunggu itu telah datang, maka rasa bosan juga akan berangsur hilang. (baca: kenapa menunggu itu membosankan)

Ketiga, menikmati rasa bosan itu. Ini adalah cara menghilangkan rasa bosan yang paling sulit dilakukan. Bagaimana mungkin rasa bosan itu dinikmati, padahal itu kita tidak sukai bahkan kita tidak inginkan? Caranya, munculkan kesadaran dalam diri bahwa kita tak akan mungkin senantiasa melakukan hal yang selalu kita sukai. Ada sesuatu waktu, tak ada pilihan lain, kecuali melakukan hal padahal itu kita tidak sukai.

Kita mungkin tak akan suka karena kita tidak menikmatinya. Misalnya, rutinitas yang sama setiap harinya, ataupun harus melakukan sesuatu yang sama setiap harinya, mungkin kalau kita tidak bisa melakukan perubahan maka tentu saja akan menjadi bosan. Tetapi cobalah lakukan sesuatu itu dengan cara menyenangkan, lalu tambah semangat melakukannya.

rasa bosan

Tiga cara menghilangkan rasa bosan itu sulit tercapai jika kita tidak memulai dari diri sendiri. Caranya, biasakan tampil tidak membosankan. Siapa yang merasa dirinya menarik maka akan lebih bisa untuk tampil di hadapan orang lain lebih percaya diri dalam melakukan banyak hal. (baca: cara percaya diri). Bahkan, sesuatu yang kelihatannya membosankan bagi orang lain tetapi bila yang melakukannya adalah dia, maka dia akan melakukan sesuatu tadi dengan tetap percaya diri dan mencoba untuk tampil menarik.

Nah intinya adalah lakukan segala sesuatu yang menarik dan tentunya yang bisa membuat kita tertarik dan juga bersemangat melakukannnya sehingga kita menjadi pribadi yang mudah melakukan segala sesuatu dan menjauhkan kita dari pola hidup yang membosankan. Mari tinggalkan rasa bosan …

Tinggalkan Balasan