Hal Paling Lucu Saat Duduk di Bangku Sekolah Dasar

Saat duduk di bangku Sekolah Dasar, ada saja hal yang mengesankan dan membuat kita tersenyum kala mengingatnya. Menyeramkan waktu itu, tapi seiring berjalannya waktu, kejadian itu menjadi menarik dan kadang membuat kita susah melupakannya. Itulah makanya, reuni yang paling penuh dengan cerita lucu adalah reuni dengan teman se-SD.

Saya pernah reuni dengan teman se-angkatan di Sekolah Dasar dua tahun lalu. Saat ketemuan, tidak banyak yang kita bicarakan, karena rentan waktunya yang sudah lama. Mungkin masing-masing dari kita sudah lupa. Hanya sedikit yang berbekas, tapi inilah momen yang paling lucu.

Nah, hal paling lucu saat duduk di bangku Sekolah Dasar itulah yang saya akan utarakan dalam celoteh kali ini;

Pertama, lupa mengerjakan tugas. Siapa diantara kalian yang sering lupa mengerjakan tugas? Rasa bersalah, rasa takut, khawatir, sedih bakal kena omelan, dan strap dari guru sesampai di sekolah. Saat bertemu dengan guru, aneka macam usaha akan dilakukan, mulai dari mengeluarkan jurus berbohong, alasan “lupa”, sampai pura-pura sakit perut, lalu sembunyi di kamar mandi sampai pelajaran usai. (baca: cara mengetahui kebohongan siswa)

Kedua, maju nyanyi di depan kelas. Nah kalau ini, biasanya menjadi hukuman saat tidak mengerjakan tugas. Terkadang pula, nyanyi di depan kelas, di depan teman-teman, dilakukan menunggu bel pulang. Diperlukan percaya diri tinggi, kemampuan bernyanyi, sampai lagu yang itu itu saja.

Ketiga, Vaksinasi di sekolah. Kalau di kampung saya namanya “maccobbik.” Saat diumumkan lebih awal, banyak dari kita milih tidak ke sekolah. Lalu guru akhirnya tidak memberi tahu, datanglah pegawai kesehatan dengan jarum suntik berkilat siap menusuk tangan bagian bahu. Ada yang menangis, ada pula yang keringatan. Kamu gimana?

Keempat, tidak lengkap saat upacara. Kalau hari lain tidak berpakaian lengkap, mungkin tidak apa-apa, tapi jangan pada hari senin, saat akan melaksanakan upacara. Guru pasti menyediakan sesuatu yang akan teringat seumur hidup. Berdiri paling depan, disebut dalam amanat pembina upacara, sampai dijemur selepas upacara.

Kelima, digundul karena rambut gondrong. Rambut panjang tak kalau rapi enak kelihatan, tapi kalau kusut masai. Nah, inilah yang menjadi target guru setiap hari senin biasanya. Siswa yang gondrong akan digundul tak beraturan. Kadang pula, rambut hanya dipangkas sebahagian saja.

Keenam, Dipasang-pasangkan dengan teman lawan jenis. Hal paling lucu saat duduk di bangkus Sekolah Dasar adalah mengingat kala dipasang-pasangkan dengan teman wanita sekelas. Kadang sampai berkelahi akhirnya. Itu dulu, kalau anak jaman sekarang, tidak sampai seperti itu. Mungkin itulah sehingga hal itu makin berkesan. Apalagi kalau teman yang dipasangkan dengan kita, setelah dewasa ternyata cantik atau gagah.

Ketujuh, kedapatan menyontek. Ini terjadi karena tidak belajar saat ujian. Soal ada sepuluh nomor, tak satupun yang kita tahu. Berusaha mencari jawaban dengan teman sebangku, eh malah ketahuan. Tempat duduk lalu dipisah. Ketahuan lagi, akhirnya lembar jawaban dikumpul tanpa soal yang terjawab.

Kedelapan, jawaban konyol yang dibacakan di depan kelas. Terkadang guru iseng, sehabis ulangan, jawaban yang konyol dari siswa, lalu dibacakan di depan teman sekelas. Bukan orang lain yang baca, tapi siswa yang punya jawaban itu yang akan membacanya diringi sorak ngeledek dari teman lainnya. Sangat lucu dan berkesan.

hal lucu saat di sekolah dasar

Kesembilan, julukan aneh menjengkelkan. Karena fisik, sifat, kebiasaan, kadang kita mendapat julukan aneh dari teman-teman se-SD. Julukan itu sangat kita tidak suka. Misalnya suka berdandan, dijuluki “si Bencong”, dan julukan lainnya. Fatalnya julukan itu melekat sampai kita dewasa, terulanga saat bertemu dengan mantas sekelas. (Baca: cinta Bantalia berakhir di bandara)

Kesepuluh, berkelahi. Pernah berkelahi saat duduk di bangku Sekolah Dasar? Momen perkelahian itu menjadi lucu, aneh dan tak bisa dilupakan, karena mungkin itu adalah perkelahian pertama kamu. Karena diejek, dibully, diganggu, dan hal lain, yang akhirnya membuat kita tak tahan lalu berkelahi.

Masih banyak hal indah, lucu, mengesankan saat kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Celoteh ini mengingatkan kita akan masa lalu, hikmahnya menjadi pelajaran, pelajaran yang berharga. Semuanya tak lepas dari peran guru.

Tinggalkan Balasan