Gatot Pujo Nugroho; Gubernur Sumut yang Hapal al-Quran

H. Gatot Pujo Nugroho, A.Md, S.T., M.Si, lahir di Magelang, Jawa Tengah. Dia adalah Gubernur Sumatera Utara sejak 14 Maret 2013. Sebelumnya, Gatot merupakan Plt. Gubernur Sumatera Utara sejak 2011 hingga 2013 menggantikan Syamsul Arifin yang terjerat kasus korupsi.

Dalam Pilkada Sumut 2013, ia maju dan menggandeng Bupati Serdang Bedagai, H.T. Erry Nuradi sebagai wakilnya. Sesuai hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, pasangan nomor urut 5 yang membawa tagline Ganteng ini memenangkan pilkada satu putaran di angka 32,05 %

Gatot yang merupakan anak kedua dari lima bersaudara ini lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 11 Juni 1962 lalu. Ayahnya Juli Tjokro Wardoyo adalah seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) dengan pangkat terakhir Pembantu Letnan Satu (Peltu). Ibunya, Sulastri adalah seorang ibu rumah tangga yang dikenal sebagai ketua pengajian kaum ibu di lingkungannya.

Berawal dari info program beasiswa penuh pendidikan D3 Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk instruktur di Politeknik, Gatot ikut test dan akhirnya dinyatakan lulus. Kelak setamat mengikuti program D3 ITB tersebut, Gatot ditempatkan sebagai staf pengajar di Politeknik Universitas Sumatera Utara (USU) sejak 1986. Saat kuliah inilah, Gatot dan Aa Gym berinteraksi cukup dekat dengan bersama-sama aktif menghidupkan Masjid Taqwa depan kampusnya.

Tumbuh dari keluarga yang sangat religiuus, Gatot dan saudara-saudaranya ditempa dengan pengetahuan keagamaan yang sangat kental. Kedua orangtuanya, termasuk kakek nenek dari kedua orangtuanya itu, dikenal sebagai tokoh agama dan panutan di lingkungannya masing-masing. Suasana keagamaan cukup kental itu yang membuat Gatot sejak kecil dekat dan punya minat tinggi dengan Keislaman.

gatot pujo nugroho

Sejak duduk di bangku Sekola Dasar, Gatot sudah terbiasa menjaga sholat lima waktunya. Karena kedekatannya dengan hal-hal berbau Keislaman itu pula membuatnya digelari ”Kyai” oleh rekan-rekan sepermainannya. Julukan itu masih sering diucapkan teman-temannya sampai dia duduk di bangku Sekolah Teknik Menengah.

Selain rajin melaksanakan ibadah, julukan itu juga didasari, karena sejak anak-anak sampai remaja Gubernur yang punya cita-cita awal menjadi ulama ini, sangat suka membaca dan menghapal al-Quran. Dari orang dekatnya, diperoleh informasi, bahwa Gatot masih kerap mengulang hapalan al-Qurannya di tengah kesibukannya sebagai Gubernur. Meski tak jelas, apakah Gatot, menghapal al-Quran 30 jus, atau hanya beberapa jus, namun konsistensinya mengulang hapalan, maka dia diberi gelar penghapal al-Quran.

Sumber profile __http://id.wikipedia.org/wiki/Gatot_Pujo_Nugroho

Gambar: __http://www.tempo.co/read/news/2013/06/17/078488758/Gubernur-Sumut-Terpilih-Dilantik-Hari-Ini

Tinggalkan Balasan