Doa Agar Diberikan Pemimpin yang Baik

Hiruk pikuk tahun politik bisa saja membuat orang terpedaya jauh dari agama dan kebenaran. Sebagai muslim kriteria pemimpin sangat jelas. Berusahalah dan jangan lupa memanjatkan doa. Doa adalah senjata bagi orang beriman. Awal usaha adalah niat baik. Akhir dari usaha adalah tawakkal. Awal, pertengahan dan akhir harus senantiasa diselingi doa. (Baca juga: doa agar menjadi pejabat)

Lalu apa doa agar diberikan pemimpin yang baik? Hadis Nabi saw banyak menyebutkan hal itu. Doa agar diberikan pemimpin yang baik juga bisa dibuat sendiri, dengan kalimat sendiri, bahkan dengan bahasa apapun. Namun, tentu akan lebih baik jika doa itu sesuai dengan tuntunan baik cara maupun teks doanya. (Baca: teka teki doa)

Doa Pertama,

اللَّهُمَّ لاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Ya Allah, jangan engkau serahkan kepemimpinan kami kepada orang yang tidak mengasihi kami. (HR. Turmudzi 3841).

Doa kedua,

اللهم إني أعوذبك من إمارةِ الصبيان والسفهاء

“Yaa Allah, sungguh kami berlindung kepada-Mu dari pemimpin yang kekanak-kanakan dan dari pemimpin yang bodoh.”(Shahih adabul mufrad (47/66)

Doa ketiga :

اللَّهُمَّ لَا تُسَلِّطْ عَلَيْنَا بِذُنُوْبِنَا مَنْ لَا يَخَافُكَ فِيْنَا وَلَا يَرْحَمُنَا

“Ya Allah dikarenakan dosa-dosa kami janganlah Engkau kuasakan kepada kami orang-orang yang tidak takut kepada-Mu dan tidak pula bersikap rahmah kepada kami.”

Doa keempat :

اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِنَا، اَللَّهُمَّ وَفِّقْهُمْ لِمَا فِيْهِ صَلَاحُهُمْ وَصَلَاحُ اْلإِسْلَامِ وَالْمُسْلِمِيْنَ، اَللَّهُمَّ أَعِنْهُمْ عَلَى الْقِيَامِ بِمَهَامِهِمْ كَمَا أَمَرْتَهُمْ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ أَبْعِدْ عَنْهُمْ بِطَانَةَ السُّوْءِ وَالْمُفْسِدِيْنَ وَقَرِّبْ إِلَيْهِمْ أَهْلَ الْخَيْرِ وَالنَّاصِحِيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ أَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُوْرِ الْمُسْلِمِيْنَ فِيْ كُلِّ مَكَانٍ

“Ya Allah, perbaikilah pemimpin pemimpin kami, Berikanlah taufik kepada mereka untuk melaksanakan perkara terbaik bagi diri mereka, bagi Islam, dan kaum muslimin. Ya Allah, bantulah mereka untuk menunaikan tugasnya, sebagaimana yang Engkau perintahkan, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jauhkanlah mereka dari teman dekat yang jelek dan teman yang merusak. Juga dekatkanlah orang-orang yang baik dan pemberi nasihat yang baik kepada mereka, wahai Rabb semesta alam. Ya Allah, jadikanlah pemimpin kaum muslimin sebagai orang yang baik, di mana pun mereka berada.”

doa agar diberikan pemimpin yang baik

Dari naskah doa agar diberikan pemimpin yang baik tadi, kita juga bisa menarik pelajaran berharga bahwa kita sejatinya memilih pemimpin yang mengasihi rakyatnya, pemimpin yang tidak kekanak kanakan, pemimpin yang tidak bodoh, pemimpin yang takut kepada Allah swt, dan pemimpin yang disekitarnya adalah orang-orang yang tidak baik. (Baca: apapun doa Tuhan pasti tahu)

Sumber doa : Ust Fadlan Fahamsyah, dosen STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya

Tinggalkan Balasan