Cara Saya Akses SSCN BKN dengan Cepat

Seperti diketahui, bahwa pendaftaran untuk menjadi CPNS melalui beberapa tahap. Salah satunya via online. Jadi calon pendaftar, registrasi terlebih dahulu di sscnakun.bkn.go.id. Data hasil registrasi digunakan untuk login dan step berikutnya. Karena semua calon pendaftar harus melakukan tahapan registrasi ini, bisa dibayangkan, mungkin inilah situs paling banyak dikunjungi dalam satu hari di indonesia, namun dengan tujuan yang sama.

Pemerintah tentu harus siap mengantisipasi hal hal yang bisa membuat hak sesorang batal hanya karena laman yang dituju terlalu berat dan tidak bisa diakses. Server, security, bandwith, pokoknya semua yang terkait dengan kemampuan akses laman website, harus mumpuni. Namun, seperti tahun tahun sebelumnya, link tersebut sangat susah diakses. Kalau toh terbuka, pada tahap proses gagal lagi. Ulang lagi, dan seterusnya. Sangat membosyankEn.

Berawal dari ponakan yang minta tolong dibantu registrasi online pendaftaran CPNS, loading, lemot, lelet melulu katanya. Saya coba, ternyata benar. Cerita para pemburu CPNS di beranda facebook bahwa mereka begadang sampai pagi agar bisa terdaftar, ternyata fakta. Lalu mulailah saya mencoba langkah awal, mencari informasi, kenapa hal itu bisa terjadi?

(Baca: tips lulus jadi PNS)

Googling… ada trik yang saya baca, katanya akses situs itu di subuh hari, mungkin maksudnya karena subuh adalah waktu rehat sehingga hanya sedikit orang yang mengakses situs tersebut. Saya teringat dengan teman saat berkata, jangan berkendara pada jam 5 sore, karena itu waktu macet, waktu pulang kantor. Cobalah jam 7. Ternyata, jam 7 macet, jam 5 tidak. Kenapa, karena semua orang berpikir sama. Seperti inilah laman sscnakun.bkn.go.id, subuh ternyata sangat susah, tapi pagi lebih cepat. Mungkin pemikiran para calon pendaftar seperti pada kasus jalan macet tadi.

Jadi tak usah terpaku pada waktu registrasi. Namun yang terpenting, pastikan koneksi internet Anda tidak ngadat. Kalau misal make telkomsel, maka sebelum registrasi, agar meminta tolong ke telkomsel untuk melancarkan jaringan nya. “Pak tel, tolong dong jaringannya sesuai harga.” Ni contoh ya… bukan untuk ditiru.

  • Pertama

    Download cc cleaner, mau versi preemium juga boleh. Tapi saran saya, yang free aja. Niatkan, ntar kalau lulus jadi CPNS, baru beli premium 5 bundel sekalian hehehe. Setelah itu, bersihkan browser dan registry pc Anda sebersih bersihnya. Seakan akan, akses browser special untuk SSCN, bukan yang lain.
  • Kedua

    Persiapkan data yang akan diinput; NIK dan NKK dalam bentuk teks. Maksudnya tinggal copy paste saja biar cepat. Poto juga demikian. Jangan sampai, laman terbuka, sebut angka satu satu, salah lagi, ulang lagi, lemot lagi.. payah kan?

 

 

  • Ketiga

    Bagi yang punya server pribadi, setting browser nya dengan setting proxy pribadi. Ini untuk tindak lanjut saja. Caranya, googling saja, tapi harus punya server dolo… Bisa juga menggunakan VPN. Bagi pengguna chrome, masuk setting, extention, tambah, cari VPN, pasang… Setelah terpasang, gunakan VPN dengan lokasi akses Indonesia atau singapura.

Keempat, jangan lupa baca basmalah

Udah itu aja… kalau belom bisa hubungi aja saya. Ntar saya registrasikan. Itu kalau ada waktu dan kalau percaya sih

Tinggalkan Balasan