Cara Menghapus Widget Blogspot yang Sulit Terhapus

Sebagai bloger pemula, saya pernah mengalami hal-hal yang menyulitkan. Mendesain template sesuai keinginan, masalah tag, dan masalah lain, termasuk menghapus widget. Terkadang ada beberapa widget, yang sudah tidak cocok buat blog kita, namun sulit untuk menghapusnya. Berikut cara menghapus widget blogspot yang sulit terhapus:

Sebagai pemahaman awal, semua widget yang sengaja dipasang memiliki fasilitas ubah, simpan, batal dan hapus. Namun apa jadinya ketika kita ingin menghapus widget yang telah terpasang justru tidak bisa. Hal ini juga biasa terjadi dan mungkin sengaja dipasang oleh penyedia template gratisan. Widget tersebut umumnya berupa feedlinks, ourtemplate, dan logo.

Ada dua cara menghapus widget seperti itu. Keduanya melalui edit template anda. Mudah saja, ikuti langkah berikut:

  1. Login ke akun blogger, masuk ke menu Rancangan, masuk lagi ke bagian Edit HTML. Saya asumsikan kita mencoba menghapus Widget Popular Post. Cari kode seperti kode berikut: <;..id=’pagelist’ locked=’true’ title=’Popular Post’ type=’PopularPost’/>;
  2. Jika menggunakan mozilla firefox sebagai browser, tekan tust pada keyboard ctrl dan f atau tust f3 untuk menampilkan fasilitas search di sudut kiri bawah.
  3. Kemudian ubah value locked=’true’ menjadi locked=’false‘ . Selanjutnya klik Save Template.
  4. Selanjutnya masuk ke Elemen Halaman atau Page Element, kemudian cari Widget Pagelist, klik Edit dan klik Hapus, bagaimana?

Adapun cara kedua, langsug saja cari kode

  1. <b:widget id=’HTML8′ locked=’false’ title=’Popular Post’ type=’HTML’
  2. Setelah ketemu, hapus semua kode tersebut dan kode di bawahnya, sampai menemukan </b:widget> (hapus juga)
  3. Kemudian save, dan tak perlu ke Elemen Laman lagi.

Sebagai catatan langkah kedua umumnya cocok jika menggunakan dashboard blogger lama, dan cara ini bisa saja tidak tepat lagi jika blogspot meng-update template standar yang digunakan.

Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan