Cara Mempercepat Koneksi Internet Berdasarkan Pengalaman

Bagi pegiat online (seperti saya), koneksi internet menjadi raja. Koneksi internet yang lelet, lemot, lalod, atau istilah lain, tentu akan menjadi boomerang menyakitkan. Banyak sekali tips mempercepat koneksi internet yang ditulis oleh para blogger. Tentu berdasarkan pengalaman mereka.

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Tips mempercepat koneksi internet yang saya akan ungkapkan juga berdasarkan pengalaman saya. Satu hal yang penting, tips ini tidak terkait dengan kuota internet yang anda gunakan. Misalnya, Anda memakai kartu A dengan kecepatan 1 MB/ second, lalu mengharap kecepatan 1 GB/ second, itu tidak masuk akal, kecuali dengan black trik. Tips mempercepat koneksi internet yang saya maksud adalah memaksa kemampuan PC untuk itu.

Perlu diketahui, bahwa Windows default membatasi hanya 80% bandwidth unutk bisa gunakan. Sisanya disisakan untuk QoS traffic seperti Windows update, VoIP, dll. Nah, dengan trik ini, kita akan memaksa Windows untuk menggunakan 100% bandwidth internet. logikanya, akan ada peningkatan kecepatan internet hingga sebesar 20%.

Caranya mudah, klik Start, Run, lalu ketik gpedit.msc, dan pilih Local Computer Policy, lanjut ke Computer Configuration, Administrative Templates, Network, QoS Packet Scheduler, lalu klik dua kali Limit Reservable Bandwidth. Pilih menu Enable dan isi bandwidth limit dengan nilai 0. Klik apply dan restart komputer anda.

Cara mempercepat koneksi internet kedua memiliki fungsi yang sama dengan cara pertama tadi, yaitu untuk memaksa Windows menggunakan 100% bandwidth yang kita miliki.

Klik Start. ketik Regedit, lalu tekan Enter. Akses HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREPoliciesMicrosoftWindows, lalu Klik kanan folder Windows, pilih New Key. Beri nama key tersebut Psched. Klik kanan PSched yang baru saja anda buat, pilih New DWORD (32-bit) Value, kemudian beri nama value tersebut NonBestEffortLimit. Klik kanan pilih Modify, lalu pilih Decimal dan isi value data dengan 0. Terakhir, klik OK dan restart komputer anda.

Kok sederhana sekali? Iyah, karena pengalaman itu saya letakkan simple saja, jangan dipaksakan, apalagi dengan memakai software segala macam. Terakhir, saya mengharap semoga celoteh mempercepat koneksi internet ini bermanfaat.

Hampir lupa, tips ini hanya untuk windows 7…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.