Cara Membuat Blog di Blogspot; Tutorial dengan Gambar

Kebanyakan dari kita adalah konsumen. Ayolah sesekali jadi produsen. Banyak kok peluang mendapatkan uang dari internet. Salah satunya dengan blog. Nah, untuk kesempatan kali ini, saya akan paparkan cara membuat blog di blogspot yang potensial dan bisa menghasilkan uang. Jadi bukan sekedar blog ya…

Ingat, setiap hari ada 3 Juta konten baru yang diterbitkan blog dari seluruh dunia. Lebih dari 70% dari blog-blog tersebut hanya mendapatkan kurang dari 5.000 pengunjung per bulan, atau sekitar 150 per hari. Bagaimana mau dilirik kalau seperti itu. Dan faktor penyebabnya adalah karena blog yang dibuat adalah blog yang topiknya campur aduk.

Olehnya itu, sebelum membuat blog adalah temukan potensi Anda dulu. Dari potensi anda itulah kemudian kita akan menemukan topik blog. Misalnya, Anda suka menulis tentang ekonomi, ekonomi masih umum, coba khususkan masalah kredit, atau asuransi saja. Maka topik blog nantinya adalah asuransi, tak ada yang lain. Jadi kita praktek dengan topik blog asuransi ya…

Secara umum blog ada dua, ada yang gratisan ada yang berbayar. Untuk target mendapatkan uang dari blog, potensinya sama. Hal yang membedakan lebih pada tampilan yang bisa diedit sesuka hati jika berbayar dan menunjang kepercayaan pengunjung nantinya. Sedangkan untuk blog gratisan, selain fiturnya yang terbatas, pun kredibilitasnya rendah di mata pengunjung.

Kita lihat yang gratisan dulu. Ada banyak situs yang menyediakan platform blog gratisan, dan yang paling familiar adalah blogspot milik google. Jadi saat anda punya akun google, misal gmail, maka otomatis Anda juga bisa mengakses fitur blogspot ini. Jadi kalau belum punya akun google, buat dulu ya….

Klik blogger.com, maka kita akan diarahkan halaman membuat blog di blogspot seperti gambar berikut. Pada halaman ini kita akan melihat daftar blog yang telah dibuat, karena kita baru akan memulai dalam membuat blog maka kita belum melihat daftar blog tersebut, untuk memulai membuat blog silahkan klik tombol “Blog Baru.” Masuk jika belum login.

Setelah kita klik tombol “Blog Baru” kita akan melihat sebuah halaman baru untuk memulai dengan menambahkan nama dan memilih nama domain.

Untuk memilih nama domain usahakan mirip dengan topik blog. Misal dalam gambar nomor 1, nama blog “asuransi,” dan nama domainnya seperti pada nomor 2, “semuahaltentangasuransi.blogspot.com”. Selanjutnya pilih template, perhatikan nomor 3. Setelah rampung klik “Buat Blog.”

Blog sudah jadi. Jika ada pilihan memilih domain lagi, abaikan saja. Sekarang kita diarahkan ke halaman dashboard. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar penjelasan apa yang ada di Dashboar blog baru kita.

  1. Nomor 1 adalah jika kita memulai menulis konten di blog
  2. Nomor 2 adalah halaman untuk melihat semua posting yang sudah ada
  3. Nomor 3 untuk melihat jumlah pengunjung
  4. Nomor 4 untuk melihat komentar
  5. Nomor 5 untuk membuat halaman baru, misal disclaimer, dll
  6. Nomor 6 untuk menyusun tata letak. Misal sidebar di kiri atau kanan
  7. Nomor 7 untuk mengganti atau mengedit template
  8. Nomor 8 untuk setting tambahan

Sekarang blog kita sudah dibuat tetapi belum selesai sepenuhnya. Kira-kira tampilannya akan seperti gambar berikut. Perhatikan dalam lingkaran hitam, itu adalah alamat domain blog kita. Biasa juga disebut URL blog. Blog masih kosong karena belum diisi konten.

 

Gimana? Sangat mudah. Apalagi tutorial cara membuat blog di blogspot ini saya lengkapi dengan gambar. Jika ada pertanyaan, silahkan ajukan dalam komentar dibawah.

Tinggalkan Balasan