Tips Membina Hubungan Tanpa Perselisihan

Membina hubungan bukanlah hal yang mudah, nah jika sudah demikian jangan dipersulit dengan perselisihan yang kita lakukan. Memang perselisihan selalu ada, dan rasanya mustahil jika dalam satu hubungan tidak ada perselisihan, namun jika kita saling menjaga tentu perselisihan pun hanya sekedar perbedaan pendapat yang kemudian bisa diambil jalan tengahnya. Nah, bagaimana cara membina hubungan tanpa perselisihan, dan hanya menjadi perbedaan pendapat belaka? Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan:

Komunikasi

Sebuah hubungan tanpa komunikasi akan menjadi runyam, pasalnya dalam kondisi apapun kita dituntut untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Sehingga apapun bisa saling tahu dan pasangan menjadi merasa dihargai. Ya, komunikasi merupakan salah satu cara untuk menghargai pasangan kita. Cobalah untuk selalu membiasakan diri mengutarakan apa yang dirasakan baik rasa nyaman atau tidak nyaman sekalipun. Sehingga semua bisa transparan tanpa ada rahasia. Bisa dikatakan komunikasi adalah sebuah cara jujur untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan.

Jangan berlarut-larut menyimpan masalah

Berlarut-larut menyimpan masalah tidak baik untuk hubungan dan membuat intensitas perselisihan berpeluang muncul lebih besar. Pasalnya, pasangan anda tidak akan pernah tahu tentang rasa kesal yang anda simpan. Selain itu, ia juga tidak akan pernah tahu kesalahannya di mata anda. Sehingga akan terdengar aneh jika saat ia merasa tidak ada apa-apa, anda malah merasa putus asa menghadapinya. Tentu menyimpan rasa kesal akan mengikis rasa cinta anda dan malah akan membuat anda jenuh dan bosan dengan pasangan sehingga hubungan menjadi hambar. Perhatian yang diberikan pun berkurang. Nah, cobalah untuk saling membicarakan hal yang mengganggu kenyamanan anda walau hal kecil. Setelah itu dengarkan penjelasannya. Anda juga perlu menghargai pendapat dia jika ia merasa ini bukanlah sebuah masalah. Yang terpenting adalah biarkan dia tahu apa yang anda rasakan. Menyimpan masalah juga akan membuat anda cenderung emosi lebih besar saat berselisih.

Miliki Prinsip menyelesaikan masalah

Tanamkan pada diri anda dan pasangan, bahwa berselisih dengan cara meledak-ledak tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan terkesan seperti kekanak-kanakan. Cobalah membina hubungan dengan cara yang dewasa sebagai cara berselisih yang baik. Misalnya, dengan menggunakan perdebatan yang sewajarnya, sembari duduk dan berbicara tentang apa yang berbeda. Lalu ambil jalan tengahnya dengan kesepakatan bersama. Jika tidak menemukan jalan tengah, kedewasaan dalam menghargai satu sama lain merupakan point selanjutnya yang anda butuhkan. Jika anda tidak terbiasa berkomunikasi seperti ini, cobalah menemukan beberapa topik yang mampu membuat anda bisa berbagi pendapat dengan pasangan, sehingga ketika ada masalah datang anda bisa menyelesaikannya dengan cara yang sama karena sudah terbiasa.

Kedengarannya tentu mudah, meski patinya tak seperti yang tertulis dan dibayangkan. Untuk melaksanakan tiga poin sebagai cara membina hubungan tanpa perselisihan tadi, langkah awal yang juga penting disiapkan adalah; tidak takut dengan pasangan, saling menjaga tanpa sungkan, selesaikan semuanya dengan santai namun pasti tanpa mengandalkan emosi. kita semua yakin, hal ini membutuhkan waktu, tapi ruang untuk itu selalu terbuka. Demikian pula dengan pasangan, berilah ruang untuknya setidaknya ia merasakan tenang terlebih dahulu, dan bahas saat keadaan yang tepat. Misalnya, saat ia mulai lupa dan jangan membahasnya terlalu serius. Hubungan tanpa perselisihan hanya membutuhkan kesabaran dan pengertian satu sama lain.

Salam Bahagia …

Tinggalkan Balasan