Cara Jitu Optimasi Artikel Blog

Seorang blogger yang mengisi blognya dengan konten berupa tulisan, tidak serta merta tulisannya itu dibaca banyak orang. Pembaca terlebih dahulu mencari di pencarian, kalau kebetulan kata kunci pencariannya sama dengan kata kunci artikel yang ditulis, maka persaingan tentu akan terjadi sesama kata kunci yang digunakan.

Contoh, saya mencari tulisan dengan kata kunci “cara optimasi artikel blog”. Saya ketiklah kata kunci itu, maka yang muncul, adalah semua tulisan yang mengandung kata tadi.

Persaingan ini tentu butuh strategi jitu agar tulisan kita nangkring di halama awal pencarian. Semakin tinggi posisi tulisan di halaman awal, maka semakin besar kemungkinan tulisan kita dibaca orang.

Artikel saya ini, akan mengulas sedikit cara optimasi artikel di blog.Fungsi utama optimasi artikel blog adalah agar tulisan cepet diindex mesin pencari, memenangkan persaingan dengan artikel yang memiliki nice yang sama serta membuat pengunjung betah berlama-lama di Blog kita.

Pertama: Riset keyword (reset kata kunci). Ini langkah yang paling utama sebelum anda menentukan judul tulisan yang akan ditulis di Blog. Riset keyword ini berfungsi untuk melihat berapa banyak jumlah pencarian judul yang akan anda tulis dan berapa jumlah kompetitornya.

Untuk melakukan riste keyword anda bisa menggunakan Google Trand, Google Keyword Planner, dan jika anda ingin lebih spesifik lagi bisa menggunakan situs perbayar yang biasa digunakan oleh para marketing online, yaitu Smurs dan samurai.

Setelah menemukan jumlah persaingan dari kata kunci, Anda sudah bisa menentukan kata kunci mana yang Anda pilih. Bisa memilih yang popular, atau yang tidak popular tapi persaingannya sedikit. Lebih bagus lagi, memilih yang popular, sekaligus persaingannya sedikit.

Kedua: Penempatan Keyword. Penempatan keyword pada artikel sangatlah penting untuk anda ketahui. Usahakan menempatkan satu kata dari kalimat yang ada di Keyword dalam satu paragraf atau 3 keyword dalam satu postingan. Misalkan dalam paragraf pertama, isi artikel, dan penutup artikel.

Hal yang tak kalah penting, 1) keyword jangan dipaksakan sehingga konten terkesan tidak alami. 2) Keyword tidak selamanya mencakup satu kalimat dalam Keyword, bisa di pisah asal makna keywordnya tidak lepas. 3) kata yang ada dalam Keyword juga ada dalam judul meski sebahagian.

Ketiga: Membuat artikel berkualitas

Apa itu artikel berkualitas?. Artikel berkualitas adalah artikel yang bermanfaat untuk orang banyak. Hindari menulis dengan mengejar kuantitas namun kualitasnya minim karena hal ini akan membuat pengunjung jenuh di Blog anda. Jika bisa usahakan setiap artikel minimal 350 meski standar pencarian Google hanya 150 kata. Dan jangan lupa, setiap tulisan akan lebih efektif jika disertakan gambar.

Keempat: Menulis judul yang menarik. Poin ini saya simpan di poin keempat, karena penentuan judul menarik akan lebih mudah, jika pemetaan keyword dan konten berkulaitas sudah jadi. Judul adalah ruh dari sebuah tulisan, pengunjung akan tertarik membaca tulisan kita apabila judul yang kita buat terlihat menarik dan membuat pengunjung penasaran. Namun, judul jangan sampai dirusak oleh isi tulisan yang tidak menarik.

Kelima: Ping. Ping blog atau artikel sangat bermanfaat supaya artikel anda cepat di indekx oleh mesin pencarian. Situs ping yang bisa anda gunakan antara lain : Googleping.com, pingler.com, pingomatic.com dll. (baca lebih lengkap di sini)

Keenam: share dan submit. Setelah anda membuat artikel maka langkah selanjutnya adalah share tulisan anda ke sosmed. Misalkan ke Facebook, twitter, google + dll. Tak perlu berlebihan karena akan dianggap spam.

Demikian pula Submit ke Sosbok, merupakan salah satu web yang meyediakan layanan submit artikel gratis. Dengan mensubmit artikel anda di Sobok maka kemungikanan besar vistor blog anda akan bertambah dan mendapatkan backlink berkualitas. Sosbok yang bisa anda manfaatkan antara lain : Lintasme, jaditerkenal, infogue, sumbawa news, digg, reddit, dan masih banyak yang lainya.

Banyak penulis menambahkan dengan optimasi backlink. Tapi bagi saya, backlink akan datang sendirinya jika tulisan berkualitas dan menjadi kebutuhan banyak orang. Tips cara optimasi artikel blog ini murni berdasarkan pengalaman. Mungkin ada perbedaan pemahaman, silahkan didiskusikan di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan