Betulkah Sandiago Uno Berdarah Bugis?

Sandiago Uno tidak lahir di daerah Bugis. Namun bukan berarti seorang yang tidak lahir di tanah bugis lalu dikatakan tidak beradarah bugis, demikian pula sebaliknya. Istilah berdarah bugis dimaknai seagai orang yang memiliki garis keturunan orang bugis dari silsilahnya. Betulkah Sandiago Uno berdarah bugis?

Adalah JA Katili, mantan rektor ITB dan juga seorang tokoh geologi dalam biografinya ditemukan bahwa JA Katili lahir di Gorontalo, tepatnya di Kampung Bugis. Ayahnya bernama Abdullah Umar Katili dan ibu Tjimbau Lamato. Masa kecil JA Katili tercatat teman sepermainan dengan Henk Uno. Henk Uno adalah ipar sekaligus keponakan JA Katili. Henk Uno ini juga adalah ayah kandung Sandiago Uno. Kampung bugis sendiri adalah nama yang diberikan La Simpala, karena kampung tersebut dihuni oleh para perantau (passompe) asal bugis

La Simpala adalah tokoh bugis yang hijrah ke Wani Donggala Sulawesi Tengah, untuk menghindari Perang Saudara di Sengkang, Sulawesi Selatan. La Simpala berlayar meninggalkan tanah bugis bersama para pengikut setianya dengan 300 Kapal Tande. La Simpala sendiri adalah anak dari Arung Sengkang (Wajo), We Amirah Binti La Temmassonge dan La Patuppu Batu, Arung Tonra Bin La Tenri Tappu Arungpone ke-23.

Salah satu saudara La Simpala yang ikut dalam rombongan bernama La Tekko. la Tekko turun di Tojo Una-una. Di sana dia menikah mempersunting Putri Raja Tojo yang bernama La Paregge. Sedangkan La Simpala turun di Gorontalo dan mempersunting dengan Putri kesultanan Gorontalo. Beranak pinak dan salah satu cucu perempuannya kawin dengan Usman Katili, Umar Katili, beranak pinak terus sampai ke Sandiaga Uno dan JA Katili.

Jadi jika dikatakan, Sandiago Uno berdarah Bugis, ada benarnya. Teman saya bercanda, kalau dia berdarah Surga. Dari Adam katanya… Begitulah kura-kura

Tinggalkan Balasan