Berpihak pada Kebenaran Itu Sulit !

Semua manusia ingin berada dalam garis kebenaran. Namun, kebenaran terkadang menjadi pembenaran. Dunia membutakan mata hati manusia dan berpaling dari kebenaran. Manusia sangat sulit berpaling dari zona nyaman.

Perhatikan dialog seorang ustadz kepada jamaahnya berikuti ini:

Ustadz : “Andai kita hidup pada zaman Firaun, kira-kira Anda pilih menjadi pengikut siapa, Firaun atau Nabi Musa?”
Jama’ah : “Musaaaaa.” jawab koor jamaah dengan kompak.
Ustadz : “Yakin?”
Jama’ah : “Yakiiiiiin…..”
Ustadz : “Tapi, ingat lho, yang membangun kota Mesir, Firaun. Firaun membangun peradaban. Firaun membangun infrastruktur. Firaun membangun piramida, Firaun orang yang paling kaya. Firaun, menguasai bala tentara bersenjata dan kuat. Firaun punya banyak pengikut. Firaun bisa memberi perlindungan kemananan dunia. Firaun yang Berkuasa. Firaun bisa menyediakan makanan dan minuman. Semua seakan dalam kendali Firaun di dunia.

Sementara Nabi Musa as, siapa dia? Musa as, hanyalah seorang penggembala kambing. Bicara saja tidak fasih, karena saat kecil dia pernah memakan bara api. Musa hanya memiliki sebatang tongkat. Masihkah Anda yakin mau ikut Nabi Musa? Ingat, nabi Musa as hanya seorang pengembala kambing, lalu tiba-tiba mau mengajak kita menyeberangi lautan tanpa memakai perahu, tanpa kapal. Andai kita berada di posisi itu, apakah yakin kita mau ikut Nabi Musa?

Jama’ah : diam dan hening. Tak satupun jamaah berani menjawab…… Semua tertunduk, diam seribu bahasa.

Sangat sulit mengikuti yang benar saat kita berada di zona nyamanLihin

Kisah Nabi Musa as menjadi pelajaran bagi kita. Sekarang, manusia mudah tergila gila pada harta, wanita dan tahta, pujian, dan rayuan. Hati dihinggapi sifat al-Wahn. Firaun akan tetap ada hingga akhir zaman. Firaun adalah sifat. Bentuk dan fisik bisa saja berubah, Tapi secara hakikat dia akan terus ada. Terkadang sangat sulit mengikuti kebenaran, bahkan mata akan tertutup oleh gemulai gelimang kenikmatan dunia

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend