Berkah dari Kontes Blog Aneh; Review

Setelah sebelumnya saya menemukan caleg aneh (dalam makna positif), kini saya menemukan seorang blogger, pegiat online yang lebih aneh (pun dalam makna positif) lagi. Bayangkan saja, seorang blogger mengadakan kontes paling aneh sejak saya mengenal dunia online. Kalau biasanya kontes terkait blogger berupa review produk, kontes SEO, desain, sebar poto, dan sebar link, blogger aneh ini malah mengadakan kontes komentar blog. Peserta hanya berkomentar di salah satu blog yang ditunjukan, nah komentar yang paling unik adalah pemenangnya.

Berawal dari thread tertanggal 22 November 2013 di forum marketing ads-id yang saya satroni tiap saat, saya membaca thread itu berulang. Dalam pikiran saya, ini benar atau cuma boongan. Pasalnya, hadiah bagi pemenang sangat tinggi. Juara satu mendapat website dengan akun fanspage 30 ribu lebih, dan juara berikutnya masing-masing mendapat Rp.500.000 untuk 5 orang pemenang. Selain itu, acara ini dikemas dengan temu blogger di Solo gratis akomodasi bagi dari peserta luar. Artinya, untuk satu even ini anggaranya kisaran puluhan juta.

Hitung-hitung hanya komentar doang, akhirnya saya menuju TKP. Di sana terlihat sudah puluhan komentar dan tentunya unik, lucu dan beda dari yang lain. Kugerakan jemariku, menekan tust, dan memberi komentar seadanya. Dan setelah itu, saya bahkan tak pernah membuka blog itu lagi, meski banyak pelajaran di sana. Sampai akhirnya pada tanggal 8 Desember 2013, sebuah pesan facebook masuk dan mengucapkan selamat kalau saya adalah salah satu pemenang kontes blog aneh itu.

Lalu di mana letak keanehannya?. Pertama: bukan hal aneh dalam kontes blog, penyelenggara mengharapkan backlink dari peserta kontes. Terkadang pula prosedur dikemas sehingga peserta dipaksa membuka semua halaman yang ada di situs yang ditentukan, minimal untuk menambah referensi. Tapi ini tidak, justru peserta mendapat jatah menempelkan linknya secara gratis, tampa tinjauan di kolom komentar.

Kedua: umunya, dalam setiap lomba terkait blog, peraturan yang dibuat penyelenggara sangat ketat, bahkan di akhir peraturan biasanya ada kalimat “peserta yang tidak memenuhi syarat akan didiskualifikasi tanpa pemberitahuan sebelumnya.” Kejam tidak?. Namun kontes komentar ini tidak demikian. Aturannya cuma menyampaikan komentar dan/ atau review atas website simomot.com, menulis nama dan alamat dengan benar, dan bukan SARA, porno dan hal melanggar hukum lainnya. Itu saja…

Keanehan ketiga: besarnya hadiah. Besarnya hadiah seperti tidak sebanding dengan apa yang didapatkan oleh penyelenggara. Saya belum mendapatkan hal menguntungkan dari tujuan penyelenggaraan kontes komentar berhadiah jutaan rupiah ini kecuali nilai keikhlasan dan silaturrahminya. Hanya itu yang bisa menjadi kesimpulan saya. Penasaran, kucoba melihat profile penyelenggara dari semua akunnya, dan terlihat jelas, senjata utama sosok yang bernama Duto ini adalah pertemanan. Blog utamanya omkicau.com plus facebook dengan puluhan ribu pengikut mengindikasikan hal itu.

“Banyak teman, banyak rejeki.” Ungkapan ini benar. Tanpa disuruh, saya tergerak merangkai kata sederhana dalam tulisan aneh ini, juga hanya bisa mereview sekilas dari kontes blog aneh dan profile penyelenggaranya. Semoga orang-orang baik masih punya kesempatan berkontribusi lebih banyak lagi.

Salam bahagia …

5 Comments

  1. Duto Sri CahyonoReplyDesember 12, 2013 at 14:59 

    Selamat ya Om, semoga barokah untuk semuanya, hehehe.
    Salam sukses.

  2. resep kue kejuReplyMei 29, 2015 at 18:29 

    Ini ditahun 2013 kan ? Salam kenal kak ? 🙂

    • MushlihinReplyMei 30, 2015 at 11:44 

      Bener, salam balik 😀

  3. Jual Genteng MurahReplyAgustus 9, 2015 at 01:12 

    kapan di adakan lagi nih

    • MushlihinReplyAgustus 12, 2015 at 20:03 

      Coba tanya penyelenggaranya 😀

Tinggalkan Balasan