Beberapa Hal Penting Seputar Sahur

Jika membandingkan betapa besar nikmat Allah kepada manusia bahkan mengambil jatah sebagian makanan sebelum fajar pun dihargai. Sahur, yaitu makan dan minum yang dilakukan sebelum imsak pada bulan Ramadhan, dihargai oleh Allah swt sebagai ibadah yang mendapat nilai tertentu

Banyak hadis seputar sahur, diantaranya hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah dan MalaikatNya mengirim rahmat kepada mereka yang makan Sahur dan menyajikan sahur).”

Allaamah Ain berkata, ada 17 hal sahur pada hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan semuanya menyatakan, bahwa sahur adalah mustahab (diinginkan). Dikatakan pula, bahwa banyak orang dicabut dari pahala besar karena kemalasan melaksanakan sahur. Yaitu bagi mereka setelah melaksanakan shalat malam, makan lalu pergi tidur.

Zamakhsyari membagi malam menjadi enam bagian; magrib sampai isya, 1/3 malam. ½ malam, waktu shalat malam, waktu untuk istirahat dan bagian terakhir waktu sahur, yaitu waktu ketika masuknya fajar.

Rasulullah saw berkata: “Perbedaan antara puasa kami dengan puasa dari Ahl al-Kitaab terletak pada bagian kami saat maka Sahur. Lakukanlah, karena di dalamnya berkah besar, dan dalam tiga hal itu, adalah jamaah.” Penggunaan kata “Jamaah” adalah umum, situlah kita menyimpulkan bahwa itu termasuk shalat dan buka puasa.

Dalam hadis lain dikatakan: “makan Sahur dapat memperkuat diri untuk berpuasa dan tidur di sore hari, sebagai bagian bantuan untuk bangun akhir malam. Masa Rasul, beliau sangat mendorong kaum muslimin untuk Sahur, jika tak ada makanan, sahurlah dengan air. (Baca: puasa dan kesehatan)

sahur

Ada beberapa hal sehingga sahur menjadi ibadah yang sangat utama dan sangat dianjurkan, yaitu karena merupakan sunnah yang sangat dianjurkan, membedakan dari dengan puasa Ahl al-Kitab, memberikan kekuatan ibadah, cerminan ketulusan, menghilangkan mental marah yang biasanya muncul sebagai akibat kelaparan, dan sahur dilakukan di waktu diterimanya doa.

Beberapa sufi berbeda pendapat, apakah sahur merupakan bagian dari puasa atau tidak?. Sebagian mengatakan bahwa objek puasa adalah untuk menahan dari makanan, minuman dan keinginan seksual, oleh karena itu Sahur bertentangan dengan substansi puasa.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.