Beberapa Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Ada beberapa cara mendapatkan uang dari facebook. Saya pernah himpun, hampir lebih dari 10 cara. Wow, banyak sekali bukan? Banyak, tapi susahnya minta ampun. Apalagi jika setelah memabaca artikel ini, Anda baru memulainya. Ratusan pemburu dollar di sana sudah menambang, kita baru akan memulai. Tapi jangan kawatir, jika memulai hari ini, setidaknya ada kesempatan besok menunggu hasil.

Apa saja bentuk usaha mendapatkan uang di facebook? Anda bisa temukan sendiri dengan mengetahui fitur-fitur yang ada di facebook. Kita bisa buat status, bisa mengupload gambar dan video. Jumlah pertemanan maksimal 5000, jumlah pengikut tak terbatas. Jika Anda menulis atau mengupload sesuatu, maka yang berpotensi melihat adalah teman dan yang sementara online. Jika tidak online, kemungkinan melihat semakin kecil.

Untuk mengetahui berapa banyak teman atau pengikut facebook Anda yang online, maka cara yang paling sederhana adalah dengan melihat di messenger. Itupun kadang tidak valid, tapi minimal ada perkiraan. Biasanya, jumlah yang melihat status Anda hanya 1/20 dari total teman dan follower Anda. Dari situ kemudian terpecah lagi, berapa yang terabaikan, tertarik, terkesan, lalu tergerak. Tertarik artinya akan memperhatikan status itu. Terkesan berarti akan memberi tanggapan, like dll. Dan tergerak artinya membagikan.

Sampai di sini, maka cara pertama mendapatkan uang di facebook adalah memanfaatkan status yang bisa membuat pengguna lain yang melihat akan tergerak. Coba tulis status bunyinya, “minta ka uang ta.” Apakah teman atau follower Anda tergerak? Bandingkan dengan kalimat, “dibutuhkan dana untuk menolong…. bantuan Anda semoga menjadi amal jariyah yang tak sirna.”

Itu bukan usaha mencari tapi lebih dekat ke meminta. Oke, tapi jadikan hal itu menjadi bayangan cara berusaha. Misal, anda menjual sesuatu, maka usahakan teman atau follower Anda sampai ke batas tergerak bukan hanya terkesan, apalagi diabaikan.

Cara kedua, memanfaatkan group. Group lebih potensial dibanding akun pribadi. Group tidak dibatasi berapapun membernya, dan potensi . posting yang bisa dilihat adalah jumlah member yang mengikuti dari group yang dimasuki. Dan biasanya, setelah masuk jadi member suatu group akan sekaligus menjadi pengikut. Bisa dibayangkan jika Anda adalah super admin group yang membernya sampai 1 juta akun.

Ada beberapa cara mendapatkan uang melalui group facebook. Pertama, post berbayar. Misalnya group tertutup, artinya setiap posting hanya bisa muncul jika disetujui. Penjual menulis posting di group dan akan disetujui jika membayar admin. Saya pernah memiliki group facebook dengan member 500 ribu. Setiap post berbayar dihargai 100 ribu per hari.

Cara ketiga mendapatkan uang, masih menggunakan group facebook, yaitu men viral kan konten. Cara viralitas ini juga beragam. Misalnya, sebuah website akan menghasilkan 1$ dalam 10.000 pengunjung, maka jika konten disebar di group facebook, dengan member 1 juta, maka potensi yang membaca konten 100 ribu, artinya akan menghasilkan 10$. Silahkan kalikan dengan 14 ribu rupiah perkonten viral.

Cara keempat, juga masih menggunakan group facebook, yaitu dengan iklan vooter. Ada banyak situs yang membutuhkan vooter online, maka group bisa dimanfaatkan untuk itu. Belum lagi vooting berbayar dalam kontes politik.

Saya kira cukup empat ini saja cara mendapatkan uang di facebook yang bisa saya bahas malam ini. Masih ada tempat lain dengan beberapa cabang-cabangnya. Misalnya halaman dengan adsbreak dan conten creatornya. Insya Allah, lain waktu disambung.