8 Langkah Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Ada banyak sekali artikel yang memaparkan cara menghasilkan uang dari YouTube. Namun, apakah cara itu benar atau tidak. Tentu kita harus bukitkan. Nah cara menghasilkan uang dari YouTube sudah pernah saya buktikan sendiri, meski sekarang sudah tidak lagi.

Hal pertama yang perlu kita persiapkan, adalah komitmen dan niat yang lurus, karena nantinya semakin lama anda terbenam dalam pencarian uang di dunia internet, ada saja hal-hal terlarang yang memancing kita untuk melakukan itu.

Cara menghasilkan uang dari YouTube yang saya akan paparkan adalah cara yang halal, cara putih bukan cara hitam. Memang ada cara hitam, dan tentu saya tak akan ulas. Cepat berhasil tapi tidak berkah brooo.

Pernah dengar nama Atta Halilintar? Dialah sosok yang menghasilkan uang dari YouTube menembus 10 Milyar sebulan. Woowww, mendengar ini saya jadi malas. Jangan seperti saya. Mendengar ini Anda mesti giat, tidak malas malasan seperti saya.

Dalam kehidupan kita, ada banyak yang kita bisa videokan. Kehidupan pribadi, video bunga, video lagi makan, lagi shalat, eh… atau banyak hal. Masalah utamanya, apakah video itu dicari orang atau tidak. Apakah saat menonton, orang suka, atau malah jadi benci. Ini penting, karena terkait syarat YouTube mengenai video yang bisa menghasilkan uang.

Langkah pertama buat chanel. Jadi, dalam satu akun google itu sudah meliputi semua produk free google termasuk di dalamnya akun YouTube. Akun YouTube itu bisa kita pecah-pecah menjadi beberapa chanel. Misal, video tentang makan satu chanel. Video tentang beol chanel lain. Dst.

Langkah kedua, silahkan upload video di masing-masing chanel itu dan videonya sesuai dengan karakter chanel. Misal video tutorial hijab jangan diupload di chanel video tutorial otomotif. Gak nyambung. Semakin banyak video semakin bagus. Semakin unik video semakin bagus.

Langkah ketiga, buat Judul video, deskripsi dan tagnya yang sesuai dengan karakter video sekaligus judul, deskripsi dan tag yang menarik. Misal, video tutorial hijab. Judulnya, “Viral, tutorial hijab paling bombastis di dunia 2019.”

Deskripis juga demikian. Gunakan deskripsi yang kira-kira digunakan orang dalam pencarian. Misal judul tadi deskripisnya, “Video tutorial hijab muslimah cantik dengan gaya menawan dan patut ditiru. Video ini bla bla bla…”

Langkah keempat, share video Anda sebanyak banyaknya. Di media sosial, facebook, twitter, wa, dll. Karena ini akan terkait dengan langkah kelima. Langkah paling krusial sehingga kita bisa menghasilkan uang dari YouTube.

Langkah kelima, ini yang sangat sulit. Usahakan chanel yang Anda buat memiliki subscriber minimal 10 ribu dengan tayangan video 1000 jam. Tapi jangan kawatir, dengan melakukan langkah 1 sampai 3 dengan benar, anda akan mendapatkan subscirber dengan cepat. Semakin banyak subscriber maka durasi tayang juga akan makin besar.

cara menghasilkan uang dari video YouTube
Contoh chanel Indonesia Lawyers Club dengan 1 Juta Subscriber

Langkah keenam, setelah langkah kelima anda tinggal monetisasi YouTube channel itu dengan adsense. Caranya, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.

Langkah ketujuh, menyambungkan YouTube channel ke AdSense. Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.

Setelah disetujui, jadi harus disetujui dulu ya… maka kita ke langkah kedelapan, yaitu mengoptimalkan fungsi monetisasi pada YouTube channel. Caranya, perhatikan langkah kedua di atas. Terkait video yang diupload, video itu harus user-friendly, videonya harus merupakan karya orisinil Anda agar dapat di-promote, video orang lain yang Anda plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan niat Anda untuk melakukan plagiasi.

Setelah delapan langkah menghasilkan uang dari YouTube terpenuhi, maka selanjutnya tunggu hasilnya. Berdasarkan pengalaman, 10 ribu tayang akan menghasilkan paling sedikit 1$ atau 14 ribu. Artinya semakin banyak video, semakin menarik video itu dan Anda memenuhi syarat, maka potensi menghasilkan uang juga semakin besar.

Saya berikan estimasi sederhana; Anda punya 10 chanel berbeda yang memenuhi syarat, berarti ada 100 ribu sucscriber. Setiap video yang Anda upload akan dilihat minimal 10 ribu subscriber Anda. Jika dalam sehari Anda mengupload 10 video maka potensi pendapatan adalah 10$. Itu baru dari penonton video subscriber Anda ya, belum lagi penonton dari share, dari pencarian google, dll

Bagaiamana? Emang mudah? Hehehe mudah jika mau. Mulai dari sekarang, atau persaingan makin berat

Tinggalkan Balasan