Lihin Belawa

Hanya Celoteh Guru | Belawa to The World

Pasang Iklan

Trik Jitu untuk Mengatasi Sandbox dan Deindex pada Domain

Trik Jitu untuk Mengatasi Sandbox dan Deindex pada Domain
Trik Jitu untuk Mengatasi Sandbox dan Deindex pada DomainReviewed by Harlinah Raufon.This Is Article AboutTrik Jitu untuk Mengatasi Sandbox dan Deindex pada DomainBagi blogger, adalah sebuah kegembiraan, jika konten yang dipublish di blognya terindex di mesin pencari (terutama mesin pencari Google), apalagi jika nangkring di halaman pertama. Rasanya gimanaa gitu? Bayangkan saat pencari tulisan, gambar, atau konten apapun, lalu pencari menemukan konten blog kita, maka potensi menghasilkan akan lebih besar. Ibarat pasar, makin banyak pengunjung pasar, peluang […]

Bagi blogger, adalah sebuah kegembiraan, jika konten yang dipublish di blognya terindex di mesin pencari (terutama mesin pencari Google), apalagi jika nangkring di halaman pertama. Rasanya gimanaa gitu? Bayangkan saat pencari tulisan, gambar, atau konten apapun, lalu pencari menemukan konten blog kita, maka potensi menghasilkan akan lebih besar. Ibarat pasar, makin banyak pengunjung pasar, peluang larisnya dagangan akan makin besar.

Salah satu faktor yang memengaruhi posisi sebuah alamat konten di mesin pencari, salah satunya adalah jumlah dan kualitas backlink. Misalnya, kompas menjadikan link/ alamat blog kita sebagai salah satu sumber referensi, maka link itu termasuk berkualitas, karena kompas. com adalah salah satu situs berkualitas. (baca: strategi membangun backlink)

“Saya sudah mengecek situs saya di mesin pencari, tapi tidak ada satupun, padahal saya sudah mengetik alamatnya langsung!”. Jika ini terjadi, maka ada dua kemungkinan yang menimpa web/ blog Anda; sandbox atau deindex. Jika hilangnya suatu website dari Google pencarian yang sifatnya sementara disebut sandbox. Sedangkan jika sifatnya permanen disebut Deindex. Kasihan kan? Sudah capek capek ngeblog, eh tidak ada di mesin pencari, lalu yang mau lihat siapa?

Olehnya, untuk mencegah terjadinya sandbox dan atau deindex, maka pahami penyebabnya. Berikut saya jelaskan sedikit;

Penyebab Sandbox dan Deindex

Mesin pencari akan curiga dengan aktivitas mencurigakan, terutama aktivitas backlink berlebihan. Misalnya, Anda tahu bahwa backlink sangat berpengaruh, makanya Anda menyiram baclink secara otomatis, via bot atau Automatic Software, sehingga dalam sehari bisa didapat ratusan bahkan ribuan backlink.

Demikian pula, jika situs Anda memiliki backlink yang berasal dari website P0rn0, konten perjudian, dan obat terlarang. Meski situs dari konten yang dilarang itu memiliki kualitas yang baik, misalnya ber-pagerank, tapi tetap saja tidak disukai oleh Google.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab sandbox dan deindex adalah website yang kontennya 100% Copy Paste. Ada? Banyak! Misalnya blogger bajakan, suka plagiasi, dan AGC. Mesin pencari sangat tidak menyukai web plagiasi, apalagi jika web itu dilaporkan oleh pemiliki konten yang diplagiasi itu. (baca: mengembangkan blog dengan tulisan berkualitas)google-sandbox-dan-deindex

Cara mengatasi Sandbox dan Deindex

Lalu bagaimana jika blog terkena sandbox atau deindex? Maka langkah yang harus dilakukan adalah:

Pertama, hentikan sementara aktifitas backlink selama 2-3 bulan ke depan, apapun bentuknya. Kalau perlu lepaskan semua backlink yang ada, dan setting blog Anda tidak terdeteksi mesin pencari untuk sementara waktu.

Kedua, pada masa penghentian ini, lakukan update konten artikel yang bukan 100% copy paste, usahakan konten original. Usahakan konten yang panjang, jika tulisan, dan memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, usahakan setiap hari ada konten baru. Dan share ke G+, dan media sosial lainnya. (baca: cara mengembangkan blog dengan metode shalat)

Ketiga, setelah 2-3 bulan, lanjutkan Backlink dengan menggunakan Shorter URL, misalnya layanan dari Goo.gl. pilih backlink dari pagerank di atas blog Anda. Lakukan filtering sumber backlink.

Namun sayang, untuk kasus blog deindex, jarang bisa dipulihkan kembali (meski ada). Olehnya itu, lakukan pemulihan semaksimal mungkin. Namun cara di atas sangat manjur untuk blog yang terkena sandbox

Tags: , ,

Subscribe

Berlangganan gratis bersama 1000+ lainnya. Masukan e-mail, masukan kode, "submit." cek e-mail, klik link konfirmasi. Mari berbagi :)

No Responses

Leave a Reply

two + five =