Lihin Belawa

Hanya Celoteh Guru | Belawa to The World

Pasang Iklan

Pencurian Akun Facebook dan Cara Mengantisipasinya

Pencurian Akun Facebook dan Cara Mengantisipasinya
Pencurian Akun Facebook dan Cara MengantisipasinyaReviewed by Mushlihinon.This Is Article AboutPencurian Akun Facebook dan Cara MengantisipasinyaMaraknya pencurian akun facebook memberi sugesti kepada saya untuk menulis celoteh ini. Modus pencurian akun facebook yang marak adalah model cracking dan hijacking. Cracking adalah memasuki system melalui system operasional berbeda. Berbeda dengan hacking, cracking lebih kepada sub bagian dari web utama. Sedangkan hijacking menggunakan alat bantu, software untuk mengambil data, informasi, sabotase, mengambil alih […]

Maraknya pencurian akun facebook memberi sugesti kepada saya untuk menulis celoteh ini. Modus pencurian akun facebook yang marak adalah model cracking dan hijacking. Cracking adalah memasuki system melalui system operasional berbeda. Berbeda dengan hacking, cracking lebih kepada sub bagian dari web utama. Sedangkan hijacking menggunakan alat bantu, software untuk mengambil data, informasi, sabotase, mengambil alih dan merusak system.

Tujuan utama pencurian akun facebook, umumnya adalah penyalahgunaan untuk menjelekan, mengatasnamakan, kepentingan materi, dan balas dendam. Bisa dibayangkan, akun seorang Menteri misalnya, diretas, dicuri, lalu mengirim pesan negatif ke publik. Atau akun publik figur dengan jumlah teman 5000, lalu dijual ke pekerja internet marketing. Atau bisa pula, motif balas dendam; akun seorang wanita baik-baik, diretas, lalu dipakai memposting poto vulgar.

Bagaimana cara melakukan cracking terhadap akun facebook? Pertanyaan ini akan terlalu panjang jika mengulas satu demi satu. Menjawab ini berarti menemukan cara mengantisipasinya. Intinya, model crack dipengaruhi oleh pemahaman seseorang terhadap kelemahan objek pengguna. Facebook sebagai web utama, sulit diretas. Facebook sendiri memberi harga kisaran $1. 000 kepada para hacker bagi yang menemukan kelemahan/ bug pada web facebook. Tapi tidak pada pengguna.

Semua pengguna facebook memiliki lalu lintas berbeda tiap akun. Bedakan URL www.facebook.com dengan www.facebook.com/beddu. Lihat URL, user, nama pengguna, pasti tidak sama. Semua pengguna, harus memiliki email, pass email, nama pengguna, pass pengguna. Jika Anda mendaftar menjadi pengguna facebook, ada tiga yang tidak boleh salah, user, email, dan pass. Dari ketiga hal ini, yang paling wajib adalah email (baca juga: cara mengamankan facebook dengan https).

Cara cracking akun facebook yang paling sederhana adalah melalui email. Email pengguna akun facebook yang sudah dikuasai, maka kecil kemungkinan akan bisa dipulihkan. Ada dua kelemahan fatal; pertama, email sudah dihapus oleh provider. Misalnya, Anda mendaftar email di yahoo, lalu dengan email itu digunakan mendaftar facebook, tapi sayang email tidak pernah dibuka sama sekali sehingga dihapus oleh yahoo. Jika facebook dicrack dalam kasus ini, sangat sulit dipulihkan. Saran, karena email adalah dasar dari semua register akun termasuk facebook, maka jaga baik-baik akun email Anda lebih dari akun lain.

Kedua, email menggunakan pass yang berhubungan dengan profile pengguna, misalnya tanggal lahir, nomor handphone, dll. Seorang cracker kelas nubi, biasanya mencoba meretas email melalui prediksi dengan melihat profile pengguna email, atau dengan menggunakan pass umum. Pass umum seperti “allah”, “123456789”, dll. Saran, gunakan pass email yang sama sekali tidak ada kaitan dengan profile Anda, kalau perlu generate pass itu, dan lindungi akun via nomor handphone.

Jika seorang cracker kesulitan mendapatkan hak login pada email, maka biasanya akan berusaha meretas langsung ke akun facebook. Caranya dengan mengirim script khusus yang sebenarnya script itu melihat celah kelemahan browser. Pengguna akun facebook yang menggunakan mozilla, berbeda dengan pengguna yang memakai browser chrome. Tak usah pusing dengan cara ini, karena semua browser senantiasa meng-update tiap bug yang ada pada pirantinya. Kalau toh terjadi, solusinya, pulihkan melalui email.

Cara lain, cracker mengirimkan link yang menarik untuk di klik pengguna akun facebook. Misalnya, gambar, video menarik, dan konten menarik lainnya. Konten itu, dikemas semenarik mungkin, misalnya dengan kalimat, “video ee PNS full”. Nah, saat di klik, pengguna diarahkan ke halaman yang mengharuskan login menggunakan akun facebooknya, dan itu akan direkam di halaman tempat login tadi. Cara ini yang paling marak.

Ketahuilah, semua halaman resmi facebook, menggunakan URL facebook.com. Jika halaman itu mengandung unsur cracking, tidak mungkin mengandung unsur link facebook.com, karena akan ditandai sebagai spam.

Ilustrasi

Ilustrasi

Cara mengantisipasi; setelah login di facebook jangan sembarangan login ulang kecuali mengenal halaman tempat login itu, meski halaman itu menjanjikan sesuatu yang sangat menarik. Anda bisa pula mengerjain dengan mengetik user dan pass sembarangan dan bukan user dan pass akun facebook Anda. Jangan lupa lindungi akun Anda dengan standar facebook. Baca lengkap di sini https://www.facebook.com/help/413023562082171/

Tentu sulit mengenal semua ini bagi pengguna akun facebook pemula yang tahunya hanya menggunakan. Kalau toh terlanjur sudah terjadi, cara memulihkan ada dua; versi pemula, dan versi master. Versi pemula, dengan menggunakan tools yang disediakan facebook sendiri, karena facebook sangat menjaga kenyamanan penggunanya. Caranya, masuk ke halaman login, klik lupa kata sandi, masukan email saat mendaftar, klik cari, lalu kirim tautan mengubah sandi, buka email, klik tautan, silahkan ubah kata sandi.

Bagi pengguna yang sudah kehilangan akun secara total (baik pass dan emailnya sudah diganti oleh cracker); masuk halaman login, klik lupa kata sandi, masukan email saat mendaftar, lalu klik “saya tidak punya akses ke sini lagi”, lakukan berulang sampai diarahkan ke halaman pengaduan di https://www.facebook.com/help/contact/328029570569950. Saat berada di halaman pengaduan, isi nama sesuai akun yang diretas, masukan email baru (email cadangan, dan bukan email facebook yang diretas), isi deskripsi masalah sedetail-detailnya, selengkap-lengkapnya dari a sampai z, ungguh tanda pengenal Anda (saya sarankan SIM atau passport), dan terakhir klik kirim. Buka email yang dimasukan tadi, dan tunggu balasan dari facebook (biasanya tak kurang dari 24 jam).

Lalu bagaimana mengembalikan akun facebook versi “master”? Tak elok membahasnya di artikel ringan ini. Prinsipnya sederhana, kalau cracker meretas akun dengan mengenal step penggunaan sebuah akun, maka cara itu juga harus dikenali. Jika cracker menggunakan script, maka terbuka peluang Anda juga menggunakannya. Saran saya, script adalah buatan sendiri, karena banyak script penjinak browser yang sebenarnya bertujuan meretas pengguna script itu.

Salam bahagia. Baca artikel tentang #Facebook

Tags: ,

Subscribe

Berlangganan gratis bersama 1000+ lainnya. Masukan e-mail, masukan kode, "submit." cek e-mail, klik link konfirmasi. Mari berbagi :)

No Responses

Leave a Reply

11 − three =