Memahami Definisi Operasional dalam Penelitian

Dalam proposal atau laporan penelitian, terdapat satu bagian dari sub-bab, yang meski tidak wajib namun sangat penting jika laporan penelitian tersebut ingin dikatakan lengkap. Bagian tersebut yaitu “defenisi operasional”. Secara pribadi, banyak kutemukan laporan penelitian yang keliru memaknai definisi operasional ini. Kebanyakan mendefinisikan judul penelitian kata demi kata, padahal definisi operasional adalah penjelasan variabel yang akan diamati dalam pemecahan masalah. (baca: kesalahan dalam penelitian)

Definisi operasional variabel merupakan proses mengubah kata yang digunakan dalam definisi nominal. Contoh judul penelitian; “pengaruh media flash dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas IX,” maka variabelnya adalah media flash dan hasil belajar. Dan sekaligus menjadi definisi nominal. Definisi operasionalnya bisa berupa penjelasan dari sisi makna atau mengungkapkan skla pengukuran untuk masing-masing variable.

Definisi operasional tidak boleh mempunyai makna yang berbeda dengan definisi nominal. Oleh karena itu sebelum menyusun defenisi operasional, peneliti harus membuat definisi nominal terlebih dahulu atau mentukan variabel penelitiannya. Definisi nominal dari variabel penelitian seharusnya secara eksplisit telah dinyatakan dalam kerangka pemikiran. Definisi nominal dapat diangkat dari berbagai pendapat para akhli yang memang banyak membicarakan, menulis tentang variabel yang ditelitinya. Kalau variabelnya adalah “media flash, maka peneliti harus mempelajari konsep media flash yang dituangkan dalam definisi operasional.

definisi-operasional-dalam-penelitian

Definisi operasional adalah definisi yang didasarkan atas sifat-sifat variabel yang diamati. Definisi operasional mencakup hal-hal penting dalam penelitian yang memerlukan penjelasan. Definisi operasional bersifat spesifik, rinci, tegas dan pasti yang menggambarkan karakteristik variabel-variabel penelitian dan hal-hal yang dianggap penting. Definisi operasional tidak sama dengan tinjauan teoritis. Definisi operasional hanya berlaku pada area penelitian yang sedang dilakukan, sedangkan definisi teoritis diambil dari buku-buku literatur dan berlaku umum yang terkait.

Ada tiga pendekatan untuk menyusun definisi operasional, yaitu disebut Tipe A, Tipe B dan Tipe C. 1) Definisi Operasional Tipe A, disusun berdasarkan pada operasi yang dilakukan, sehingga menyebabkan gejala atau keadaan yang didefinisikan menjadi nyata atau dapat terjadi. 2). Definisi Operasional Tipe B, disusun berdasarkan perumusan dalam bentuk deskripsi tentang bagaimana suatu objek (benda tertentu) beroperasi, yakni apa yang dilakukan atau terdiri dari apa ciri-ciri dinamis objek tersebut. 3). Definisi Operasional Tipe C, disusun berdasarkan pada penampakan seperti apa obyek atau gejala yang didefinisikan tersebut, yaitu apa saja yang menyusun karaktersitik-karaktersitik statisnya. Berikut contoh masing-masing dari definisi operasional tipe A, B, dan C dengan judul penelitian “pengaruh media flash dalam peningkatan hasil belajar IPA di kelas IX,”:

Definisi Operasioanal Tipe A. “Media Flash adalah media yang dibuat dari ….. Dengan demikian, media flash…

Definisi Operasioanal Tipe B. “Penggunaan media flash dalam pembelajaran dapat berupa…. Dan mekanismenya seperti… Oleh karena itu, setiap pengajar harus memiliki keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran.

Definisi Operasioanal Tipe C.” Yang dimaksud media flash dalam penelitian ini adalah …

Semoga bermanfaat

44 Comments

  1. rubyReplyFebruari 11, 2015 at 12:57 

    assalam pak.. mau nanya.. sy bingung ttg konsep operasional.. jenis penelitian sy library research, terus konsep operasionalnya gimana ya pak? apa ada contohnya? banyak di internet atau buku mencantumkan konsep oprasional hanya di lapangan..

    karena sy di suruh pebimbing menambahkan konsep operasional.. tetapi sy library research.. bisa bapak kasi contoh konsep operasional library research gimana?

    trimas..

  2. rubyReplyFebruari 11, 2015 at 13:06 

    salam pak.. kalau konsep operasional library research gmana? bisa nga bapak kasi contoh?

    • MushlihinReplyFebruari 11, 2015 at 20:05 

      Sama saja. Perhatikan bagian tulisan awal 🙂

  3. monica bil geniReplyMaret 2, 2015 at 17:58 

    Mau nanya pak? Apa bole d D.O pd umur d range,misalnya 21-35 thun,
    Tetapi d Bab 4 saya bikin satu” misalnya 21 tahun =2 org,
    31 =5 org

    Jadi yg bener gmn pak?
    Disamaiin dg bab 4 ato bole dibedain..

    Mohon di bales ya pak

    • MushlihinReplyMaret 2, 2015 at 20:23 

      Boleh, tapi mesti disebtu bahwa pola ini dibeginikan, dll. Dalam penelitian, hal penting juga adalah konsistensi 😀

  4. ardiReplyMaret 21, 2015 at 20:06 

    Apakah operational definition dari masing masing ke empat pendidikan ini. 1reading ability. 2. Listening ability. 3 Speaking ability. 4 Writing abilit. Tolong ya

    • MushlihinReplyMaret 23, 2015 at 14:11 

      Gk ngerti, tolong diperjelas, penelitian nya penelitian apa, modelnya gmn. Trims 😀

  5. ridho prawiraReplyMaret 27, 2015 at 22:19 

    terimaksih pak.
    semoga ilmu yang saya pahami terkait definisi operasional menjadi amal jariah untuk bapak. (Y)
    assalamualaikm

    • MushlihinReplyMaret 28, 2015 at 13:36 

      sama2 semoga bermanfaat 😀

  6. Maulida NurzakiyahReplyMei 11, 2015 at 20:32 

    maaf pak kalo penelitian saya pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa definisi operasional seperti apa yaa? saya masih bingung

    • MushlihinReplyMei 18, 2015 at 17:49 

      Definisi media sosial dan definisi hasil belajar. Itu dulu 😀

  7. abhieReplyJuni 18, 2015 at 08:14 

    assalamualaikum. pak saya mau bertanya. bagaimana definisi operasionalnya pak kalau judul penelitiannya yaitu “profil pengajaran bahasa daerah bugis di smp 36 makassar” terima kasih sebelumnya.

    • MushlihinReplyJuli 22, 2015 at 23:26 

      Profil pengajaran, profil pengajaran bahasa daerah bugis, profil pengajaran bahasa daerah bugis di SMP 36 Makassar

  8. dominica atma swastiReplyAgustus 5, 2015 at 13:50 

    artikel yg sangat bermanfaat pak, terimakasih. tetapi saya minta tolong dibantu.. hehe. penelitian saya berjudul “dampak digital marketing terhadap perspektif konsumen dalam keputusan pembelian” . jadi bagaimana merumuskan definisi operasional dan definisi konsepnya? mohon bantuannya. terima kasih

    • LihinReplyOktober 11, 2015 at 07:53 

      dampak + digital marketing ….. perspektif konsumen

  9. karolusReplySeptember 16, 2015 at 13:53 

    assalamualaikum. pak saya mau bertanya. bagaimana definisi operasionalnya pak kalau judul penelitiannya yaitu “pengaruh peringatan bergambar pada bungkus rokok terhadap perilaku merokok” terima kasih sebelumnya

    • MushlihinReplySeptember 24, 2015 at 10:26 

      Peringatan, bergambar, peringatan bergambar pada bungkus rokok, perilaku merokok

  10. krisnaReplyOktober 8, 2015 at 20:08 

    saya mau nanya pak, bagaiman definisi operasionalnya pak kalau judul penelitian yaitu “pengaruh letak geografi terhadap kesuburan tanah di skitar gunung berapi pada daerah pertanian” terimakasih sebelumnya

    • MushlihinReplyOktober 10, 2015 at 15:00 

      pengaruh letak geografi, dan kesuburan tanah atau kesuburan tanah di daerah pertanian 🙂 itu yang didefinisikan operasionalnya

  11. jefriReplyOktober 23, 2015 at 07:41 

    permisi bang,,,
    saya punya judul “ANALISA KADAR ASAM LEMAK BEBAS PADA MINYAK GORENG CURAH” yang menjadi variabel bebas dan terikatnya itu apa ?
    bagaimna definisi operasionalnya ?
    trimaksih…..

    • MushlihinReplyOktober 28, 2015 at 12:06 

      Yg bebas tentu kadar asam lemak bebas, yang terikat minyak goreng curah. Sialahkan definisikan sesuai tujuan penelitian masing2 🙂

  12. gitaReplyNovember 4, 2015 at 18:10 

    bagaimana daftar operasional dari karya ilmiah berjudul ” Dampak dari Penggunaan Bahan Kimia bagi Kesehatan

  13. riniReplyJanuari 19, 2016 at 11:14 

    Bagaimana definisi operasional untuk judul “analisis akuntansi pajak penghasilan 21 pada pt. X?

    Terima kasih

    • MushlihinReplyJanuari 23, 2016 at 15:25 

      Definisikan analisisi akutansi dan pajak penghasilan. Ntar di profile perusahaan, kaitkan 🙂

  14. EniReplyJanuari 22, 2016 at 03:36 

    Jenis penelitian saya metode deskriptif pak. Jdi operasionalnya gimn ya..

    • MushlihinReplyJanuari 23, 2016 at 15:23 

      Gk ada masalah dengan jenis penelitiannya kok 🙂 Sy juga gk ngerti, masalah kamu di mana heheheh

  15. HendraReplyJanuari 27, 2016 at 22:44 

    mau nanya pak kalau definisi operasional dari peranan home industri peyeum ketan dalam meningkatkan pendapatan sebagai sarana pendidikan apa yah,
    seperti yang bapak bilang diatas kebanyakan mendefinisikan tentang judul penelitian kata demi kata, nah definisi yang saya buat juga seperti itu, mohon pencerahannnya
    terimaksih sebelumnya

    • MushlihinReplyJanuari 28, 2016 at 20:17 

      peranan home industri peyeum ketan + peningakatan pendapatan sebagai sarana pendidikan

  16. DwiReplyFebruari 2, 2016 at 19:26 

    permisi saya mau tanya kalau untuk penelitian berjudul “Gambaran Pengelolaan Obat Rusak dan Kedaluwarsa di Apotek Kabupaten Sleman” itu gimana ya?
    Terima kasih sebelumnya Pak

  17. RichardReplyFebruari 7, 2016 at 12:35 

    makasih infonya. sangat membantu

  18. sri intan abidinReplyMaret 1, 2016 at 07:11 

    assalamualaikm pak sy mau nanya klo dengan judul ini “analisis pengendalian persediaan beras di kawasan industri makassar”
    trimakasih sebelumnya pak….

    • MushlihinReplyMaret 4, 2016 at 13:45 

      Masalhnya?

  19. Nur RiqqahReplyMaret 1, 2016 at 09:01 

    Terima kasih atas infonya 🙂

  20. Nur RiqqahReplyMaret 1, 2016 at 09:27 

    Terima kasih atas infonya 🙂
    Mohon bantuannya untuk dikoreksi pak.
    Judul saya : Remediasi miskonsepsi siswa menggunakan video animasi flash pada materi hukum Newton tentang gravitasi di SMAN 1 Sanggau
    sehingga definisi operasionalnya : remediasi,miskonsepsi,remidiasi miskonsepsi siswa,remediasi menggunakan video animasi flash, dan hukum Newton tentang gravitasi..
    apakah sudah benar pak??
    sekali lagi terimakasih atas infonya..

    • MushlihinReplyMaret 4, 2016 at 13:44 

      Masalah penelitian Anda apa?

      • Nur RiqqahReplyMaret 22, 2016 at 09:06 

        rumusan masalah saya secara umum = Apakah penggunaan video animasi flash dapat meremediasi miskonsepsi siswa kelas XI IPA SMAN 1 Sanggau pada materi hukum Newton tentang gravitasi?

  21. gifaReplyMaret 9, 2016 at 18:13 

    Pak saya ingin tanya, kalau karya ilmiah saya judulnya ” Pengaruh ponsel terhadap prestasi belajar siswa” itu bagaimana cara membuat konsep operasionalnya? mohon bantuannya pak. Terima kasih

    • Harlinah RaufReplyMaret 10, 2016 at 14:54 

      Definisikan ponsel dan pengaruh ponser, lalu prestasi belajar siswa. Operasionalkan seperti rencana penelitian Anda. Untuk sumber definisi, bisa dilihat di edefinisi.com

  22. salwannaReplyMaret 20, 2016 at 09:37 

    Pak, saya mau bertanya. Penelitian saya berjudul “Perbandingan Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak dengan Mengikuti Kursus.”
    Tolong dijelaskan bagaimana cara menyusun definisi operasional variabelnya.
    Terima kasih

  23. randhiReplyApril 20, 2016 at 19:15 

    malam pak saya mau nanya, penelitian saya berjudul “Sistem informasi penjadwalan KKL seminar berbasis Client server”. Bagaimana proses definisi konseptualnya??. Makasih sebelumnya pak.

    • randhiReplyApril 20, 2016 at 19:17 

      maksudnya definisi operasional.. maaf salah pengucapan 🙂

  24. ulfatiReplyNovember 28, 2016 at 13:35 

    saya mau bertanya, penelitian saya berjudul “pengaruh corporate governance dan profitabilitas terhadap tax avoidance” berarti defenisi operasional nya tax avoidance, corporate governance dan profitabilitas. apakah benar pak??
    terus untuk pengukuran variabelnya dicantumkan dalam definisinya juga gak pak???

  25. mheiReplyFebruari 2, 2017 at 11:33 

    hallo, saya mau tanya judul saya yaitu Gambaran luka korban penganiayaan di RSUP M. Djamil” D.O nya gimana ya?? makasih

  26. ichaReplyFebruari 17, 2017 at 20:43 

    Permisi pak, saya mau nanya nih, judul” pengaruh tayangan sinetron mermaid in love di sctv terhadap perilaku pelajar” nah, itu defenisi operasionalnya apa pak, variabel bebas sama yg terikatnya yg mana,??

Tinggalkan Balasan