Lihin Belawa

Hanya Celoteh Guru | Belawa to The World

Pasang Iklan

Info Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

Info Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015

Uji Kompetensi Guru (UKG), kembali akan digulirkan pemerintah. UKG memiliki tujuan khusus yaitu mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Selain itu, UKG memiliki tujuan umum sebagai berikut. (Baca: Pelajaran PAI kok tidak di UKG)

Pertama, memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru,khususnya kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kedua, mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB), dan ketiga, memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.

Adapun prinsip Uji Kompetensi Guru yakni ; 1) Objektif. Pelaksanaan uji kompetensi guru dilakukan secara benar, jelas, dan menilai kompetensi sesuai dengan apa adanya. 2) Adil. Dalam pelaksanaan uji kompetensi guru, peserta uji kompetensi guru harus diperlakukan sama dan tidak membeda-bedakan kultur, keyakinan, sosial budaya, senioritas, dan harus dilayani sesuai dengan kriteria dan mekanisme kerja secara adil dan tidak diskriminatif. 3) Transparan. Data dan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan uji kompetensi seperti mekanisme kerja, sistem penilaian harus disampaikan secara terbuka dan dapat diakses oleh yang memerlukan. 4) Akuntabel. Pelaksaan uji kompetensi guru harus dapat dipertanggung-jawabkan baik dari sisi pelaksanaan maupun keputusan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

Uji Kompetensi Guru 2015 rencananya akan dilaksanaan antara 9-27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Berikut informasi jadwal UKG, sistem UKG secara online dan offline. Sistem online, dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki ruangan yang berisi perangkat laboratorium komputer dan terhubung dalam jaringan intranet. Sedangkan sistem offline atau manual dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki ruangan yang berisi laboratorium komputer dan tidak terhubung dalam jaringan internet.

uji-kompetensi-guruPelaksanaan UKG online tahun 2015 akan berlangsung antara tanggal 9-27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh PPPPTK/LPPKS/LPPPTK-KPTK, bersama LPMP dan dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak Tempat Uji Kompetensi (TUK) semakin cepat pelaksanaan UKG.

UKG 2015 akan diikuti 2.954.406 guru PNS dan NonPNS yang memenuhi syarat. UKG secara rutin telah dilakukan sejak tahun 2012 bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru. Mulai tahun 2015 ini UKG secara rutin akan dilakukan untuk mengukur profesionalisme guru, dengan persyaratan;

  1. Semua guru baik yang sudah memiliki sertifikat pendidik maupun yang belum memiliki sertifikat pendidik.
  2. Guru PNS dan bukan PNS yang terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  3. Memiliki NUPTK atau Peg.Id
  4. Masih aktif mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidang studi sertifikasi dan/atau sesuai dengan kualifikasi akademik.

Berikut data lengkap jumlah peserta UKG 2015 yang tersebar di Kab/Kota seluruh Indonesia.

Sumber: buku Pedoman Pelaksanaan UKG. Untuk download, silakan klik di sini http://gtk.kemdikbud.go.id/files/juknis/10_Pedoman_UKG_10_September_2015_kirim.pdf

Tags: , ,

Subscribe

Berlangganan gratis bersama 1000+ lainnya. Masukan e-mail, masukan kode, "submit." cek e-mail, klik link konfirmasi. Mari berbagi :)

2 Responses

  1. UKG 2015November 17, 2015 at 11:08Reply

    MKsh pak. Tp saya salah kelas, kelas tinggi keliru kelas rendah..

  2. Tri wulanNovember 26, 2015 at 00:03Reply

    ma kasih informasinya, sangat bermanfaat sekali

Leave a Reply

four × 2 =