Cara Mendaftar Google News Step by Step

Google news, adalah situs yang dikategorikan oleh mesin pencarian terbesar, Google, sebagai situs yang menginformasikan berita. Situs yang masuk kategori Google News, akan mendapat keistimewaan tersendiri dari Google. Keistimewaan itu berupa, posisi search engine, tampilan di search engine, dan priorotas utama di mesin pencari. Keuntungannya apalagi kalau bukan visitor.

Berhubung Google News mendapat kesempatan visitor melimpah, maka peluang mendapat keuntungan dari iklan juga besar. Selain itu persaingan untuk lokal (Indonesia) tergolong masih sedikit. Hanya ada beberapa situs Indonesia masuk kategori Google News, seperti Kompas, Tribunnews, JPNN.

Menarik tentunya, jika Anda bisa membuat situs berita dan diterima di Google News. Ada trik tertentu setidaknya dilakukan selain memposting berita saja. Inilah yang akan kita bahas dalam celoteh kali ini. Mari kita lihat cara mendaftar Google News step by step;

Pertama, tahap awal. Pilihlah nama domain, yang menindikasikan bahwa situs yang Anda bangun adalah situs berita. Nama domain itu tidak menkrucut pada niche dan lokasi tertentu. Misalnya 1234news.com, beritaterpopuler.com, dll. Bukan beritapakaian.com, celananews.com, dan domain yang mengarah ke niche tertentu. Selain itu, tujuannya agar lebih leluasa dalam memilih sub-category yang kita inginkan nantinya. Kemudian, gunakan hosting luar seperti seperti hostgator, hawkhost, dreamhost, dll.

Kemudian install cms yang ingin digunkan, misalnya WordPress, Joomla, seperti biasa, dan languung memperlihatkan tampilan khas situs berita (untuk pemaparan selanjutnya, diasumsikan menggunakan wordpress). Gunakan gunakan theme newspaper, gratisan boleh, tapi disarankan yang preemium. Bisa Anda pilih di themeforest.com, maupun situs penyedia theme news premium lainnya.

Kedua, Setting situs. Atur category khas situs news. Disarankan menyediakan category headline news, featured news, bisnis, sport, travel, kesehatan, international, law, dan bisa ditambah sesuai kebutuhan. Kemudian setting permalink dengan nomor unik dari id post. Caranya mudah, buka dashboard, setting, permalink, pilih custom, dan paste /%postname%/%post_id%/ dan save.

Kemudian, install plugin penting utama situs news, yaitu Google News Sitemap Generator untuk mengirim sitemap otomatis ke Google, Form Contact untuk mempermudah pengguna mengontak author, admin situs, dan WP Super Cache untuk meringankan situs nantinya.

Lalu, buatlah page (halaman statis), seperti biasa, TOS, Disclaimer, Privacy Policy, yang halaman ini menggambarkan bahwa situs Anda situs berita. Jangan lupa membuat halaman author, berisi daftar nama penulis dengan biografi singkat, plus alamatnya contactnya, email kalau perlu dengan nomor teleponnya.

Ketiga, tahap memebangun situs. Sebelum mendaftarkan situs yang Anda buat ke Google News, tentu harus ada isi berupa post berita, sebagai bukti bahwa benar itu adalah situs berita. Berita, isinya pasti unik, meski sudah dipublish oleh media lain, pasti ada perbedaan, baik dari segi data maupun cara pemaparan berita.

Karena Google mensyaratkan permalink site yang akan disubmit adalah mempunyai nomor unik dengan minimal 3 digit angka, maka jumlah post situs berita yang bisa didaftarkan di Google News, minimal 100 post. Artinya posting pertama permalinknya, namadomain.com/judul-artikel-/1, maka jika posting ke -100 permalinknya namadomain.com/judul-artikel-/100. Angka 100 tiga digit bukan?

Kemudian, siapkan space iklan di setiap halaman web berita Anda, isi dengan banner apa saja, boleh dari Google Adsense, namun disarankan banner dari afiliate lain. Tujuannya, membuat kesan bahwa situs Anda disukai banyak orang, termasuk para pengiklan.

Keempat, tahap mendaftarkan situs. Sebelumnya, recek ulang dan perhatikan beberapa hal penting berikut; mengandung angka unik 3 digit, memakai domain buat posting artikel, artikel tidak diembed oleh java script, tidak menggunakan JavaScript sebagai links, tidak menggunakan Frame, menggunakan hanya satu bahasa dan Encoding situs “UTF-8”, tapi jika memakai wordpress standar pasti bentuknya seperti ini, menggunakan satu bahasa, jika dalam konten menggunakan video, maka video itu yang relevan, URL Article harus permanent, tidak menggunakan hanya PDF atau non-HTML formats, tidak menghalangi pembaca, misalnya dengan registrasi.

Terakhir, Submit ke google news disini. Demikian step by step cara mendaftar Google News. Perlu diketahui, Google akan memeriksa situs yang didaftarkan secara manual, jadi prosedur di atas, harus sepenuhnya dilakukan.

11 Comments

  1. kadek agus ariawanReplyDesember 30, 2014 at 08:26 

    Terimakasih Mas pencerahannya
    kunjungan balik mas ke sosialberita.net

    • MushlihinReplyJanuari 5, 2015 at 00:54 

      Ke TKP 😀

      • kadek agus ariawanReplyMei 25, 2015 at 08:37 

        Gan sebelumnya sudah pernah masuk News tapi kenapa tiba-tiba saya cek uda ga ada lagi gan? mohon pencerahannya gan

  2. kadek agus ariawanReplyJanuari 24, 2015 at 19:23 

    gan gimana sebernya membangun wp biar kebanjiran Visitor ?

  3. MasEDIReplyJanuari 27, 2015 at 10:00 

    sangat mencerahkan sekali buat saya gan, soalnya penasaran dengan blog news yang bisa masuk google news…
    makasih banyak tipsnya

    • MushlihinReplyFebruari 10, 2015 at 23:11 

      Sama sama 🙂

  4. OpikReplyMei 10, 2015 at 15:02 

    Maksudnya “mengandung angka unik 3 digit” ini apa ya mas? blom mudeng saya

    • MushlihinReplyMei 18, 2015 at 17:51 

      Perhatikan link pada artikel, berita yang dipublish jika mengikuti step yang saya tulis. Trims 😀

  5. edriReplyMei 11, 2015 at 17:04 

    Bagus infonya gan..saya mau coba untuk membuat portal berita dulu…oiya harus berapa lama kalo untuk didaftarin ya, min?

    • MushlihinReplyMei 18, 2015 at 17:50 

      Yg menetukan google news, tak ada yang bisa mastikan bero 😀

  6. dewamahardikaReplyMaret 19, 2017 at 20:03 

    dari dulu gak pernah berhasil untuk adsense

Tinggalkan Balasan

Pengen Chat?
LihinWhatsApp

Send this to a friend